Film Animasi Jepang Terbaik Sepanjang Masa - IDS | International Design School

Film Animasi Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Anime. Siapa sih di antara kalian yang tidak mengenal anime? Kalau berbicara tentang anime, kurang pas rasanya kalau tidak membicarakan negara asalnya. Yup, tak lain, tak bukan, Jepang! Jepang telah meracuni pikiran kita dengan anime-anime yang menarik dan berkualitas. Tentunya anime Jepan diidolakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Setidaknya, semua orang tahu tentang film robot kucing bernama Doraemon. Saking banyaknya film animasi jepang yang bagus sampai bingung untuk memilih mana yang terbaik.

 

Nah, berangkat dari beberapa sumber terpercaya dan pengalaman pribadi. Inilah beberapa film animasi Jepang yang diberi label film animasi layar lebar terbaik.

 

1.       One piece : Z (2012)

Director : Tatsuya Nagamine

Genre : Action – Adventure

One Piece kembali menggebrak dunia animasi dengan memunculkan film layar lebar yang memukau. Cerita masih seputar petualangan bajak laut Luffy di New World. Kartu truf angkatan laut, “Dyna Stone” dicuri paksa. Dicurigai dalang dibalik kejadian ini adalah mantan Admiral Angkatan Laut yang bernama, Z. Dihantui rasa takut akan konspirasi yang mengancam membuat Markas Besar Angkatan Laut bergerak maju. Begitupun Luffy dan kawan-kawannya.

Film ini adalah salah satu film epic yang berhasil dibuat. Adegan-adegan dramatis yang ditampilkan berbalut indah dengan soundtrack yang brilliant. Aksi klimaks sangat didapatkan saat adegan pertarungan antara Z dan Borsalino, di mana lagu “Ocean Guide” menjadi pengiringnya. Film ini menyampaikan spirit nyata dari film One Piece itu sendiri. Dan voila, film ini memenangkan penghargaan utama di Jepang sebagai Film Animasi Terbaik Jepang.

2.       Spirited Away (2001)

Director : Hayao Miyazaki

Genre : Adventure – Family

An extraordinary achievement of animation. Sekiranya itulah kesan yang dirasakan setelah menonton film fantastis ini. Tak bisa disangkal, Miyazaki memang Godfather Animasi Jepang, dan Spirited Away menarik kembali kita ke dalam dunia imajinasi yang dalam dan tak terbayangkan. Film ini sendiri menceritakan tentang gadis kecil bernama Cihiro yang pindah ke kota lain bersama orangtuanya. Sayang, dia tak menikmati kepindahan ini. Saat dalam perjalanan pulang, tak sengaja mereka menemukan apa yang diasumsikan sebagai taman bermain yang ditinggalkan. Tanpa tahu bahwa sebenarnya tempat itu adalah perbatasan antara dunia arwah dan manusia. Menonton film ini seperti sedang bermimpi. Adegan demi adegan mengalir secara alami, sangat pas. Banyak pesan tersembuni dan karakter aneh yang tak pernah dijumpai. Film ini akan sangat membekas di ingatan sekali setelah dilihat, sangat menakjubkan.

3.       5 Centimeters Per Second

Director : Makoto Shinkai

Genre : Drama – Romance

Sesuai dengan judulnya, 5 Centimeters Per Second : a chain of short stories about their distance, anime ini terbagi dalam 3 bagian cerita berantai yang saling melanjutkan. Dengan balutan animasi, pencahayaan super detail, dan sinematografi yang indah serta iringan music penuh emosi, kisah percintaan ini terasa sangat realistis. Menceritakan tentang Takaki dan Akari yang berteman sangat dekat. Tapi hal ini berubah ketika Akari ditransfer ke kota lain. Dalam bagian pertama film, Oukashou, menunjukan hari reuni mereka. Episode berikutnya, kosmonot, mengikuti cerita tentang Takaki setelah reuni berlangsung dari sudut pandang orang lain. Episode terakhir, Byousoku, 5 centimeter, merupakan klip dari gerakan pikiran mereka.

Hamper setiap bagian mempunyai cirri khas masing-masing. Namun, bagian ke-3 lah yang paling berkesan. Pada endingnya pun ditutup dengan sangat manis walau terasa pahit. Emosi penonton akan dihajar habis-habisan pada bagian penutup yang indah ini.

4.    Samurai X : Trust and Betrayal (1999)

Director : Kazuhiro Furuhashi

Genre   : Action – Adventure

Setting cerita berada di akhir 1800-an di Jepang, di mana perang saudara sedang berlangsung dan era samurai akan segera berakhir. Orang yang tidak tahu sejarah Jepang akan sedikit bingung, tapi latar belakang yang disajikan sangat realistis. Cerita berawal pada akhir era Tokugawa, Hiko Seiijuro seorang pengembara menyelamatkan anak yang menjadi korban serangan bandit. Melihat potensinya, Hiko mengambil anak tersebut dan menjadikan muridnya serta menamainya Keshin. Selanjutnya Hiiko mengajarkan kepadanya seni pedang “Hiten Mitsuruugi Ryu. Film ini menceritakan kisah melankolis gelap dari Kenshin Himura, yang semakin getir dirasakan seiring terkuaknya cerita.

Untuk segi action film ini sangat baik. Perkelahian pedang yang singkat, cepat intens dan realistis. Film ini lebih terasa seperti sebuah karya seni utuh. Baik itu kehalusan serpihan salju, daun sakura yang jatuh, atau pun gejolak politik yang ada. Para animator mengemas film ini dengan sangat cantik. Film ini meninggalkan luka yang mendalam bagi penggemar Kenshin. Salah satu film terbaik yang pernah dibuat.

5.    Evangelion : 1.0 You Are (Not) Alone (2007)

Director : Masayuki, Kazuya Tsurumaki, dan Hideaki Anno

Genre    : Sci – Fi – Action

Seperti sebelumnya, nasib duniakembali terancam. Kali ini oleh entitas yang tampaknya mengerikan yang dikenal sebagai Angel. Untuk melawannya dibuatlah sebuah organisasi bernama NERV untuk melindungi bumi. Tapi apa sebenarnya motivasi NERV?

Rebuild of Evangelion, adalah tantangan bagi animator itu tersendiri. Kenapa? Hal ini dikarenakan akan sangat disayangkan apabila anime se-populer dan legendaries ini berakhir sia-sia dan penuh kekecewaan bagi penggemarnya. Namun, setelah menunggu selama 12 tahun, film animasi yang keluar ternyata sangat menakjubkan. Kisah epic klasik kembali dibangun dengan animasi baru, efek suara baru, music baru, dan penuh adegan baru. Ini merupakan film terbaik sepanjang masa. Tak heran sekuelnya sangat ditunggu-tunggu.

 

Well, itu dia film animasi jepang terbaik. Sebenarnya masih banyak film lainnya yang masuk jajaran terbaik. Mungkin lain kali akan kita bahas. Atau kamu ingin membuat film animasi terbaik selanjutnya?

 

Kamu mau bisa bikin film animasi sekeren film-film diatas? Sekolah Animasi di IDS | International Design School saja! Kamu juga bisa Kursus Animasi atau bisa juga ikutan International Pathway dan dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.
Sumber: 1 2 3
Photo Credit: JOE WU via Compfight cc
Kamu juga bisa membuat film animasi sendiri. Belajar animasi di Sekolah Animasi IDS, Klik di Sini!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG