Film Dokumenter yang Wajib Ditonton - IDS | International Design School

Film Dokumenter yang Wajib Ditonton

      Akhir Agustus lalu, Directioners seluruh dunia sedang berbahagia, pasalnya boyband asal Inggris, One Direction, mengeluarkan film dokumenter berjudul One Direction: This Is US. Film berdurasi sekitar 90 menit ini disutradarai oleh Morgan Spurlock. Yang lebih membuat mereka senang, film yang menceritakan perjalanan karier jebolan X-Factor 2010 ini berformat 3D. Jadi, bisa dibayangkan bukan bagaimana Directioners merasa lebih dekat dengan boyband kesayangan mereka? Nah, itu salah satu film dokumenter yang sukses di dunia.

      Buat kamu yang merasa suka menonton film, sudah berapa film dokumenter yang kamu tonton? IDS |International Design School akan memberikan referensi film dokumenter yang wajib kamu tonton.

1. Fahrenheit 9/11

Film dokumenter garapan Michael Moore menceritakan opini kritis tentang kebijakan “War on Terror” pada masa Presiden Bush. Film yang dirilis pada tahun 2004 ini memenangkan Palm d’Or, penghargaan tertinggi Festival Film Cannes ke-57.

2. Born into Brothels

Film garapan Zana Briski—fotografer Amerika—dan Rozz Kauffman dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2004. Zana, yang datang ke lokasi pekerja seks komersial di Sonagachi, Kolkata, India, mendokumentasikan kehidupan di sana dan memutuskan mengajarkan fotografi ke anak-anak yang begitu antusias dengan kamera. Born into Brothels yang berdurasi 85 menit ini memenangkan piala Oscar untuk film dokumenter terbaik tahun 2005.

3. March of the Penguins

Film yag dirilis pada 22 Juli 2005 mengisahkan siklus hidup penguin. Luc Jacquet, berkebangsaan Prancis mengamati kehidupan penguin selama setahun, dari mulai mencari pasangan, berketurunan, menjaga telur, mencari makan, dan sampai di saat mereka harus meninggalkan anak-anaknya agar dapat hidup mandiri.

4. An Inconvenient Truth

Film garapan Davis Guggenheim bisa dikatakan sebagai film dokumenter yang mengubah dunia. Film tentang Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore, membahas kemungkinan bahaya pemanasan global menjadi sebuah fenomena budaya. Selain menjadi film dokumenter terlaris keempat dalam sejarah AS, film ini dianggap meningkatkan kesadaran akan masalah di seluruh dunia.

5. Dixie Chicks: Shut Up and Sing

Film yag dirilis pada tahun 2006 di Amerika Serikat ini menceritakan kelompok band wanita, Dixie Chicks. Band wanita yang banyak mendapat masalah di negeri sendiri karena selama di London, mereka aktif mengkritik kebijakan perang Presiden Bush di depan publik.

6. This is It

Buat kamu yang teinspirasi oleh Sang Raja Pop Dunia, Michael Jackson, sudah menonton film yang rilis pada tahun 2009 ini? Rekaman proses persiapan konser Michael Jackson ini menghebohkan dunia setelah Michael Jackson meninggal 18 hari sebelum konser dimulai.

7. Denok dan Gareng

Nah, salah satu film yang wajib kamu tonton adalah Denok dan Gareng, garapan Dwi Sujati Nugraheni. Dalam film dokumenter ini, kamu dapat menyaksikan tentang kesehariaan Denok dan Gareng yang membuat kita berpikir mengenai berbagai isu, seperti ikatan kekeluargaan, pendidikan, dan juga tanggung jawab akan masa depan bagi generasi berikutnya. Oh, ya film yang dirilis tahun lalu ini meraih juara kedua Best International Documentary ChopShots Documentary Film Festival  Southeast Asia, lho.

      Bagaimana? Cukup dengan tujuh list film dokumenter tersebut? Tujuh film menarik tersebut bisa kamu saksikan di saat kamu penat dengan aktivitas sehari-hari.  Jika kamu tertantang untuk membuat film dokumenter tentang fenomena sehari-hari yang kamu lihat, kamu bisa ikuti mengikuti College Program Digital Film & Media dari IDS | International Design School. Di program ini, kamu akan mempelajari cara pembuatan berbagai genre film, salah satunya adalah dokumenter.

Photo Credit: James Willamor via Compfight cc

Ingin membuat film dokumenter?
Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG