Film-film dengan Budget/Biaya Produksi Termahal Di Dunia | IDS

Film-film dengan Budget/Biaya Produksi Termahal Di Dunia

Membuat film memang bukan hal yang mudah, apalagi berbicara mengenai budget. Kali ini IDS akan memberikan daftar film dengan budget termahal. Kamu bisa catat, jika belum menonton film dengan dana fantastis ini.

1. Avatar

Film produksi Lightstorm Entertainment menjadi film termahal dengan biaya kurang lebih US$ 500 juta! Avatar menjadi sebuah film terobosan  teknologi dalam visualisasi 3D dengan kamera stereo yang dirancang khusus. Namun, meski mengeluarkan dana fantastis, film ini dapat meraupUS$ 2,78 miliar di seluruh dunia.

2. Pirates of the Caribbean: At World’s End

Siapa yang tak kenal Jack Sparrow? Sudah pasti kamu tahu, di mana Johnny Depp menjadi tokoh utama dalam film serial ini. Pirates of the Caribbean: At World’s End merupakan bagian ketiga dalam trilogi Pirates of the Caribbean, dengan Gore Verbinski sebagai sutradaranya. Film yang dirilis pada tahun 2007 ini memerlukan budget yang tidak sedikit, yaitu US$ 300 juta! Ada beberapa hal yang melatarbelakangi mahalnya film ini, yaitu jumlah pemain yang banyak, lokasi setting yang dahsyat, dan teknik pengambilan gambar yang mumpuni.

3. Tangled

Film animasi besutan Walt Disney Animation Studios ini secara mengejutkan membutuhkan dana yang tidak sedikit, yaitu US$ 260 juta. Film animasi musikal yang dirilis pada tahun 2010 ini sempat terhenti produksinya. Ketika Disney memutuskan meneruskan produksi film ini dan mengulangnya, mengharuskan Disney merogoh kantong lebih dalam dan menjadikan film animasi dengan budget yang tinggi. Mandy Moore, Zachary Levi, dan Donna Murphy menjadi salah satu artis yang mengisi suara dalam film yang diadaptasi dari dongeng Jerman, Rapunzel ini. Kalau kamu ingin membuat animasi, kamu bisa ikuti Program College Digital Animation di IDS.

4. Spiderman 3

Film trilogi Spiderman ini dirilis pada tahun 2007. Kamu sudah pernah menontonnya bukan? Film yang diadaptasi dari komik keluaran Marvel ini, menghabiskan biaya US$ 258 juta! Disutradarai oleh Sam Raimy yang juga penulis skenario dari film yang dibintangi Tobey Maguire sebagai Peter Parker.

5. Harry Potter and the Half-Blood Prince

Siapa yang tak kenal Harry Potter? Film dengan tujuh seri ini memang cukup fenomenal di dunia. Harry Potter and the Half-Blood Prince yang merupakan seri keenam ini menjadi film dengan biaya sebesar US$ 286 juta. David Yates, menjadi sutradara dari film ini dan juga film sebelumnya, yaitu The Order of the Phoenix. Meskipun memerlukan biaya yang tidak sedikit, film yang dirilis pada tahun 2009 ini memecahkan rekor pendapatan film pembukaan terbesar sepanjang masa. Terbukti dalam lima hari, film ini mendapatkan US$ 394 juta! Wow!

6. Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest

Gore Verbinski, sutradara dari trilogi Pirates of the Caribbean tampaknya tak main-main dalam menghasilkan film. Tak hanya Pirates of the Caribbean: At World’s End, tetapi juga pada serial kedua dari Pirates of the Caribbean ini, yaitu Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest. Film yang diproduseri oleh Jerry Bruckheimer ini menghabiskan biaya US$ 225 juta. Namun, biaya sebesar itu seolah terbayarkan dengan prestasi yag didapat. Film yang dirilis tahun 2006 ini, memperoleh 4 nominasi Academy Award, memenangkan Oscar untuk efek visual, bahkan di hari ketiga pembukaan film ini, sudah mendapat pemasukan sebesar US$ 136 juta di USA. Wah!

Jumlah angka di atas memang bukan sedikit, ya? Tapi, tenang, kamu tidak harus membuat film dengan uangmu sendiri. Kamu bisa mencari dana dari Executive Produser, asal kamu tahu pentingnya sebuah pitch ketika kamu akan membuat film.

Photo Credit: tsmall via Compfight cc

Sumber: Wikipedia
Mau Belajar Bikin Film? Sekolah Film di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG