Film Pendek Dengan Cerita Yang Unik | IDS

Film Pendek Dengan Cerita Yang Unik

Sharing is caring!

Meskipun cerita film pendek banyak yang unik dan menarik, tetapi sayangnya di Indonesia film pendek masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Sambutan masyarakat lebih antusias terhadap film panjang. Mungkin kita tidak banyak mengetahui kalau ternyata penggarapan film pendek ini sendiri bahkan ada yang lebih rumit dari pada film panjang. Berikut adalah daftar-daftar film pendek yang digarap dengan konsep matang dan ide cerita yang unik.

 

 

1. MEMOIRS OF A SCANNER

Film ini diproduksi oleh Mindfruit Films dengan sutradara Damon Sea. Film ini digarap dengan hanya mengambil satu angle saja. Dari film ini kamu bisa melihat kehidupan sebuah scanner yang ternyata juga memindai makanan, percintaan antara dua insan, sampai adegan pembunuhan.

 

2. BETWEEN YOU AND ME

Film ini sangat unik karena pengambilan gambar tidak digunakan dengan kamera, melainkan menggabungkan beberapa foto sehingga berbentuk slideshow. Berkisah tentang seorang gadis yang gemar memotret sudut  kota, namun dalam proses pemotretan tersebut dia diserang dan kameranya terjatuh. Kameranya ditemukan seorang pria. Dengan foto-foto yang ada dalam kamera tersebut ia berusaha menemukan sang gadis.

 

3. LOGORAMA

Logorama adalah salah satu film pendek yang berhasil memenangkan Oscar. Durasi film ini selama 16 menit dan berkisah tentang pemandangan kota yang dipenuhi dengan logo dari seluruh merek di USA. Produsernya berpikir bahwa dalam 1 detik manusia bisa mengingat lebih dari 14 logo. Sayangnya meskipun berhasil meraih Oscar, film ini menuai kontrofersi karena diklaim tidak memiliki izin untuk pemakaian logo-logonya.

 

4. MAGGIE AND MILDRED

Maggie and Mildred adalah film pendek yang berhasil dibuat oleh Holly Klein. Holly membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikan film ini. Amazing! Lebih amazing lagi karena visualisasi dari film ini adalah gambar jahitan, membutuhkan waktu 9 bulan untuk merampungkan seluruh jahitan. bahkan sang sutradara menjahit sendiri frame-nya satu persatu.

 

5.  KHODA

Judulnya saja sudah terdengar unnik, apalagi filmnya. Yap! Yang unik dari film pendek berdurasi lima menit ini adalah idenya, karena menggunakan lebih dari enam ribu lukisan untuk membuat film thriller tentang seseorang yang kabur dari penjara. Film ini adalah hasil dari garapan Reza Dolatabadi yang dibuat dengan tujuan untuk merampungkan tugas akhirnya. Durasinya sih hanya 5 menit, tetapi durasi 5 menit tersebut dibuat selama 2 tahun.

 

 

Mau belajar jadi filmmaker? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

 

Source: 1  2
Photo Credit: Marta Nimeva Nimeviene via Compfight cc

 

 

Mau Jadi FilmMaker? Sekolah Film di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG