Fotografi Makro Tetesan Air - IDS | International Design School

Fotografi Makro Tetesan Air

Fotografi makro memiliki daya tarik sendiri karena dibutuhkan sebuah objek yang berada tak jauh dari sekitarmu dengan tingkat kefokusan yang tinggi. Seperti halnya tetesan air hujan yang mengenai dedaunan di perkarangan rumahmu, menjadi objek yang akan sangat indah jika kamu  mampu  memotret moment yang tepat. Mungkin kamu bingung bagaimana untuk memulainya, padahal fotografi makro tetesan air sangat mudah untuk diciptakan.

Memang, di era sekarang, terdapat The Time Machine yang bisa digunakan oleh fotografer profesional untuk menciptakan karya macam ini. The Time Machine dibuat untuk mengatur besar kecilnya tetesan air, jumlah tetesan, dan jarak waktu ketika air itu menetes. Sangat memudahkan proses yang bahkan saat ini sudah bisa mengatur speedlite untuk membekukan air setelah tetesan air yang terakhir. Atau, untuk kamu yang memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, bisa gunakan selang infus. Tak hanya membutuhkan kesabaran, kamu juga harus memiliki feel yang kuat agar terciptanya moment yang diinginkan.

Nah, jika kamu ingin belajar untuk membuat fotografi makro dengan tetesan air sebagai objekmu, tak perlu repot karena kamu hanya membutuhkan sebuah kamera dan keran air. Bagaimana langkah-langkahnya?

1.   Atur terlebih dahulu kederasan air dengan catatan kamu sudah memberikan wadah di bawah keran air untuk menampung air yang mengalir.

2.   Mau terlihat lebih indah? Kamu bisa letakkan background seperti bunga di belakang keran air dan posisikan terbalik untuk mendapatkan bayangan.

3.   Pilih mode manual fokus di kameramu.

4.   Gunakan pipet atau sedotan di jalur air mengalir atau menetes untuk mendapatkan foto cipratan air yang diharapkan. Setelah fokus, pipet atau sedotan bisa diambil kembali.

5.   Setting kamera dengan diafragma sesuai dengan keinginan. Namun, shutter speed harus lebih cepat agar pembekuan objek tetesan bisa lebih cepat juga.

6.   Gunakan tripod atau cable release untuk lebih memudahkan dalam pengambilan foto. Dan jika kamu memiliki lensa makro gunakan untuk menunjang latihan dalam pembuatan fotografi makro.

Bagaimana? Tak susah bukan. Untuk mencoba fotografi makro dengan objek tetesan air memang diperlukan kesabaran. Lakukanlah sesering mungkin agar hasil yang kamu miliki bisa lebih baik. Selamat mencoba!

Mau belajar fotografi lebih dalam? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi. Kamu juga bisa ikutan International Pathway Program dari IDS dan dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di Luar Negeri.

Sumber: 1 2

 

Mau Belajar Fotografi Lebih Dalam? Kursus Fotografi Saja di IDS
Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG