Hal yang Perlu Diketahui Tentang Salju di Australia | IDS

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Salju di Australia

Sharing is caring!

Apakah ada salju di Australia? Ya tentu saja ada dong. Walaupun di Australia lebih terkenal pantai dan gurunnya, saat musim dingin tiba, salju turun di beberapa daerah, misalnya di Victoria. Perlu diketahui, salju tidak turun di setiap kawasan di Australia. Penasaran bagaimana musim dingin di Australia? Nih, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang salju di Australia. Check this out.

 

1.     Kapan dan di mana salju turun di Australia?

Tahukah kamu, pegunungan salju di Australia membentang dari kawasan New South Wales dan Victoria. Di New South Wales, salju bisa ditemukan di gunung tertinggi di Australia, Gunung Kosciuszko. Gunung ini tingginya sekitar seperempat dari tinggi Mount Everest. Salju di sini turun pada bulan Juni dan September.

Lain di New South Wales, lain pula di Victoria. Kawasan pegunungan di sini bisa kamu temukan di sekitar High Country. Perjalanannya cukup menempuh beberapa jam dengan mobil dari pusat kota Victoria. High Country memiliki curah salju yang cukup tinggi loh di musim salju.

Sayangnya di kawasan Australia yang lain, seperti Australia Selatan, Australia Barat dan Queensland, salju jarang ditemukan.

 

2.     Seberapa dingin puncak gunung di Australia?

Suhu bisa berubah dengan mudah di kawasan pucak pegunungan Australia. Normalnya, semakin tinggi kita berada, semakin dingin suhu yang terasa. Di awal musim dingin, angin dingin dari Kutub Selatan berhembus ke tenggara Australia. Dimana hal ini menyebabkan suhu turun hingga di bawah nol derajat. Suhu terendah sekaligus terdingin yang pernah tercatat adalah -23 °C (-9.4 °F) di Puncak Charlotte pada 29 Juni 1994.

 

3.     Apakah kita bisa bermain ski saat sedang bersalju?

Tentu! Banyak warga Australia yang berwisata ke gunung salju tiap tahunnya untuk bermain ski atau snowboarding.

FYI, Olahraga ski pertama kali masuk ke Australia saat pertambangan emas sedang booming di negara bagian New South Wales. Kota Kiandra sendiri menjadi tempat kelahiran ski di Australia setelah para penambang Norway membuat alat ski dan memperkenalkannya pada tahun 1861. Hamper setiap resor salju di Australia menawarkan sekolah ski untuk semua kalangan usia, loh.

 

4.     Di manakah ski resor paling popular di Australia?

Ini merupakan rekomendasi yang bagus untuk kamu yang mau berlibur musim dingin ke Australia.

  • New South Walse memiliki empat resor ternama, yaitu Thredbo, Perisher, Selwyn snowfields, dan Charlotte Pass.
  • Di Victoria kamu bisa mengunjungi Mount Hotham, Falls Creek, Mount Buller, Mount Buffalo dan Mount Baw Baw.
  • Sementara di Tasmania, ski resor yang terpopuler adalah Ben Lomond dan Mount Mawson.

 

5.     Adakah kompetisi olahraga musim dingin di Australia?

Setiap tahunnya, lebih dari 5000 murid-murid sekolah ikut andil dalam kejuaran olahraga musim dingin di ajang Victorian Interschools Snowsport Championships. Kompetisi ini menjadi yang terbesar di khatulistiwa selatan. Para murid tersebut merupakan wakil dari negara-negara bagian di Australia. Dan 90% atlet Australia yang turun di Olimpiade Musim  Dingin mengawali kariernya dengan kompetisi ini.

 

6.     Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan saat ada Salju?

Ski dan snowboarding bukanlah satu-satunya permainan yang bisa kamu lakukan saat salju. Kamu juga bisa mencoba tobogganing, snow tubing atau pun sledding yang pasti sama menyenangkannya. Kalau kamu tidak bisa main ski, sekedar membuat boneka dan perang salju juga mengasyikan kok.

 

7.     Apa yang unik dari salju di Australia?

Saat kamu sedang berwisata di gunung salju, jangan heran kalau kamu nantinya melihat binatang-binatang khas Australia berkeliaran. Mungkin saja saat kamu sedang bermain ski, kamu akan bertemu dengan kangguru, wombat, beberapa jenis burung cantik atau koala. Inilah yang membuat pengalaman salju di Australia lebih berkesan dan menarik dibanding tempat lainnya di dunia.

 

Jika kamu ingin tinggal dan meneruskan studi kamu di Australia. Yuk, ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

 

Photo Credit : bambe1964 via Compfight cc

Sumber : 1 2

Ingin Melewati Winter di Australia Sekaligus Kuliah Disana? Ikutan International Pathway Program Dari IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG