Hasil Fotografi Menggunakan Kamera Lubang Jarum - IDS | International Design School

Hasil Fotografi Menggunakan Kamera Lubang Jarum

Pernah melihat hasil fotografi yang menggunakan kamera lubang jarum? Pernah mendengar kamera lubang jarum, kan? Jika belum apa sih itu? Kamera lubang jarum merupakan metode perekaman dasar dalam ilmu fotografi yang bekerja berdasarkan teori optis. Cahaya yang masuk biasanya melalui lubang kecil dan diproyeksikan pada bidang datar. Sebenarnya, sensor cahaya pada kamera lubang jarum ini sama dengan kamera digital hanya saja, untuk lubang jarum menggunakan kertas foto. Pernah kamu melihat hasil fotografi yang menggunakan lensa fish eye? Nah, kira-kira seperti itulah hasil yang kamu dapatkan jika menggunakan kamera lubang jarum ini.

Salah satu komunitas yang menaungi untuk kamu yang suka fotografi jenis ini adalah Komunitas Lubang Jarum Indonesia yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Komunitas yang memiliki didirikan pada 17 Agustus 2002 ini memiliki slogan, “Kalau Bisa Membuat, Kenapa Harus Membeli?”

Membuat? Iya, kamera lubang jarum ini bisa loh kamu buat sendiri. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang tak terpakai lagi. Seperti kaleng bekas, cat semprot, alumunium foil, kertas negative, lakban hitam, dan tentu saja jarum. Untuk bisa mendapatkan cetakan fotonya, kamu harus mengikuti proses seperti kamera analog. Pencucian dilakukan di kamar gelap menggunakan cairan Developer, Stopbath, dan Fixer. Setelah dicuci baru dibilas dengan air bersih selama 30 detik. Tanpa lama lagi, kali ini IDS akan memberikan hasil fotografi kamera lubang jarum yang didapat dari komunitas mereka.

kamera lubang jarum 1

kamera lubang jarum 10

kamera lubang jarum 11

kamera lubang jarum 12

kamera lubang jarum 2

kamera lubang jarum 3

kamera lubang jarum 4

kamera lubang jarum 5

kamera lubang jarum 6

kamera lubang jarum 7

kamera lubang jarum 8

kamera lubang jarum 9

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

Sumber: 1 2 3 4

 

 

Mau Belajar Fotografi? Ikut Kursus Fotografi IDS Saja!
Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG