Hunting Foto, Cara Belajar Fotografi untuk Pemula | IDS

Hunting Foto, Cara Belajar Fotografi untuk Pemula

Bagi seorang pemula yang belajar fotografi tentu melakukan banyak cara. Mulai dari belajar sendiri melalui praktik langsung atau membaca banyak artikel di internet hingga belajar atau kursus fotografi yang harus ditempuh beberapa bulan. Namun, sebenarnya belajar fotografi bisa dikatakan luas, ada banyak cara mempelajari ilmu yang satu ini, salah satunya adalah dengan seminar yang diadakan oleh beberapa instansi atau mungkin saja forum. Tak hanya seminar banyak juga hunting foto yang diadakan untuk pemula yang ingin belajar fotografi. Nah, kali ini IDS akan memberikan tips untuk kamu yang suka hunting foto. Kira-kira seperti apa sih persiapan sebelum kamu hunting foto untuk belajar fotografi bagi pemula.

 

1.     Pilih tempat yang unik

Tentu dong kamu ingin hasil fotomu berbeda dengan yang lain? Makanya penting untuk kamu mencari lokasi yang unik agar hasil foto berbeda dengan kebanyakan lainnya. Bahkan jika bisa cari lokasi yang tak terpikirkan oleh fotografer lain saat hunting foto. Jangan lupa, pilih lokasi yang bisa bercerita di foto yang akan kamu bidik. Dengan hunting lokasi kamu jadi tahu objek apa saja yang ada disana sehingga memudahkan kamu untuk proses selanjutnya. Meskipun unik, bukan berarti bisa dilalui oleh orang dengan mudah. Cari lokasi yang tenang sehingga kamu bisa fokus saat belajar. Hindari lokasi yang ramai karena dapat merusak konsentrasi kamu.

 

2.     Konsep pemotretan

Hunting foto diadakan bisa secara mendadak ataupun dengan rencana terlebih dahulu. Namun, alangkah baiknya jika kamu ketahui dulu konsep apa yang akan kamu ambil nantinya sehingga hasil foto kamu akan lebih tertata. Selain itu dengan adanya konsep akan membuat kamu terlatih dalam menyusun konsep sehingga saat ada klien kamu tak bingung lagi.

 

3.     Survey Lokasi

Nah, kamu sudah tahu akan hunting foto di mana? Ada beberapa orang yang belajar fotografi di tempat jauh dari lokasi rumahnya. Misalnya kamu berada di Jakarta, kamu ingin hunting foto di daerah Bandung dan tak memungkinkan kamu untuk survey lokasi terlebih dahulu. Namun, akan tetap lebih baik jika kamu survey dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi zaman sekarang. Kamu bisa cukup browsing lokasi mana yang akan kamu datangi. Jika di sebuah taman atau gedung yang memiliki perizinan tentu kamu harus menemukan kontak personnya sehingga kamu bisa tahu bagaimana persyaratan untuk hunting di sana. Dengan tahu kontak, kamu juga jadi tahu tentang fasilitas, biaya sewa tempat, dan sebagainya.

 

4.     Siapkan peralatan

Selama proses hunting foto ini, apa yang kamu butuhkan? Apakah Cuma kamera atau ada peralatan fotogfari lainnya? Siapkan semua peralatan misalnya lensa, tripod, flash, filter, dan lainnya. Sebelum hunting cek semuanya barang apakah dalam kondisi baik atau tidak. Cek dan bersihkan peralatan dan pastikan bahwa peralatan fotografi yang kamu bawa nantinya akan berguna. Usahakan memakai ransel yang khusus untuk menyimpan kamera atau ransel dengan ukuran sedikit besar dengan jahitan yang kuat sebagai tempat penyimpanan peralatan tempur kamu sebagai seorang fotografer.

Kamu siap untuk hunting foto sendiri atau bersama teman kamu? Jangan lupa untuk menyiapkan satu orang teman yang bisa kamu jadikan model agar fotomu lebih bercerita.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

Photo Credit : ginnerobot via Compfight cc

Sumber:1 2

Memiliki Hobi Fotografi Dan Mau Belajar Fotografi? Ikuti Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG