Ingin Design Personal Branding Lebih Efektif? Lakukan 7 Langkah Ini! - IDS | International Design School

Ingin Design Personal Branding Lebih Efektif? Lakukan 7 Langkah Ini!

Banyak teknik bisa dicoba untuk membangun citra diri. Salah satunya lewat metode visual, yakni membangun image via distribusi konten grafis di dunia maya. Sayangnya, tak banyak yang tahu bagaimana mengoptimalkan hasilnya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengefektifkan design untuk personal branding yang bisa dicoba. Yuk, simak ulasannya.

pexels-photo-212286

  1. Otentik dan Bernilai

Satu hal yang wajib disadari dalam membangun personal brand adalah audiens tidak mengharapkan sosok sempurna tanpa cela. Dengan kata lain, sah-sah saja untuk mengungkap sisi menarik seperti perjuangan melawan depresi, pergulatan konflik, dan lainnya, dalam konten yang dibuat. Hal-hal semacam ini akan membangun koneksi emosional, yang nantinya bakal membuat hasil desain terasa makin otentik.

 

  1. Buat Strategi

Membuat konten saja tidak cukup. Kamu harus memikirkan bagaimana cara agar orang-orang tertarik melihat dan memberi apresiasi atas karya yang sudah dibuat. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah membuat blog.

Bagi kamu yang ingin meniti karir di bidang digital design atau sedang menempuh pendidikan di sekolah design, boleh coba membagi beberapa tutorial, tips, atau insight. Upayakan untuk mengemas semuanya semenarik mungkin, sehingga kamu nantinya punya banyak pembaca setia. Perlahan, personal brand yang kamu bangun bakal makin menancap kuat.

 

  1. Distribusi

Manfaatkan beragam laman di Internet untuk membagikan portofolio. Percaya dirilah dengan karya yang sudah dibuat. Website seperti Behance atau Pinterest bisa dijajal buat kamu yang punya hobi design. Sementara untuk para fotografer, bisa menjajal laman seperti Shutterstock maupun Photostock.

Ingat, dalam personal branding tidak ada kata malu. Yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Namun jangan sampai menutup diri untuk terus banyak belajar dari orang lain.

 

  1. Laman PribadiĀ 

Jika belum merasa puas hanya sekedar berbagi karya di Dribbble, Behance, atau Pinterest, tak ada salahnya membuat website pribadi untuk memamerkan portofolio. Tak perlu risau soal coding karena zaman sekarang semuanya sudah semakin mudah. Tinggal manfaatkan platform pembuatan laman gratisan, serta beli domain dan hosting. Tenang saja, harganya tidak mahal-mahal amat kok.

Selain membuat kamu tampak lebih meyakinkan, memiliki website pribadi juga akan memberimu kebebasan penuh. Sebab semua tampilan dan kontennya bisa diatur sesuai keinginan pribadi. Kamu juga bisa mengembangkannya sesuka hati, bahkan untuk menjual produk misalnya.

 

  1. Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk personal branding sudah bukan hal baru. Namun yang jadi masalah adalah menentukan platform yang paling efektif untuk membantu mencapai tujuan. Kamu tidak selalu wajib menggunakan Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram sekaligus untuk membangun personal branding yang kuat.

Di sinilah pentingnya melakukan riset. Cari tahu lebih dulu platform mana yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan audiens yang ingin disasar. Pelajari dengan seksama seperti apa karakteristik masing-masing media sosial beserta cara memaksimalkannya.

 

  1. Konsisten

Hal ini juga tidak kalah penting dalam menentukan kesuksesan upaya membangun personal branding. Pastikan untuk terus fokus pada niche yang sama dan menggunakan bahasa visual serupa dalam setiap unggahan. Hal ini akan memberi kesan bahwa kamu adalah seseorang yang pantang menyerah dan bersabar dalam memetik hasil.

 

  1. Networking dan Kolaborasi

Alokasikan lebih banyak waktu untuk bergaul. Buka potensi bertemu dengan orang-orang baru, partner kerja baru, mentor, atau bahkan investor anyar. Manfaatkan komunitas dunia maya semacam Kaskus, Facebook, atau lainnya.

Begitu networking sudah terbangun dengan baik, kamu bisa mulai berkolaborasi dengan orang yang dirasa satu visi dan misi. Kerja sama semacam ini akan sangat membantu dalam menemukan insight baru maupun ide-ide segar.

 

Itulah beberapa cara mengefektifkan design untuk personal branding yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin membangun citra diri lewat komunikasi visual. Jika kamu ingin mempelajari dunia branding dan desain lebih banyak lagi, kamu bisa mengikuti program digital design di IDS | International Design School.

Posted in: Articles