Ini Dia Arti Garis yang Perlu Kamu Tahu | IDS

Ini Dia Arti Garis yang Perlu Kamu Tahu

Salah satu elemen dasar dalam desain grafis adalah garis. Garis digunakan untuk membuat bentuk dan membagi ruang di sekitar elemen desain lainnya. Dengan demikian, ada desain garis yang melengkung, melingkar, dan sebagainya, garis dapat digunakan dalam desain grafis dengan berbagai cara.

Berbagai macam garis, seperti horisontal, vertikal, diagonal, melengkung, dan sebagainya bukan semata-mata tidak memiliki arti dan makna. Berbagai karakter yang ditimbulkan dari garis dan jenisnya dapat diuraikan sebagai berikut.

gambar 2

1. Garis Horisontal

Garis horisontal adalah garis lurus yang sejajar dan menimbulkan kesan tenang, relaksasi, diam atau statis dan kesan melebar.

 

2. Garis Vertikal

Garis vertikal adalah garis lurus yang sejajar dan menimbulkan kesan stabilitas, kekuatan, atau kemegahan.

 

3. Garis Diagonal

Garis yang memberi kesan tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamis. Garis ini juga memberi kesan menunjukkan gerakan. Garis diagonal tidak seimbang dan dapat menimbulkan kesan lebih dramatis daripada garis horizontal atau vertikal.

 

4. Garis Kurva

Garis lengkung yang memberi kesan keanggunan, halus, dan luwes. Garis melengkung lebih lembut daripada garis lurus. Garis ini mampu menyapu dan memutar di antara titik akhir. Garis kurva menampilkan ketidakpastian dan lebih tidak dapat diprediksi daripada garis lurus.

 

gambar
5. Garis Zig-Zag

Garis zig-zag adalah kombinasi garis diagonal yang menghubungkan titik-titik. Mereka mengambil karakteristik garis diagonal. Garis Zig-Zag menciptakan kegembiraan dan gerakan yang intens. Selain itu, garis ini juga menimbulkan  kesan bergairah, semangat, dinamika, atau bergerak cepat.

 

6. Garis Spiral

Garis Spiral memberikan kesan kelahiran atau generasi penerus, hipnotis dan bersifat menerangkan. Selain itu garis spiral juga memiliki arti lentur, mengalir, dan dinamis.

Nah, itu dia beberapa arti dan makna garis yang ada dalam desain grafis. Garis-garis tersebut memiliki arti dalam setiap desain dan mampu menunjukkan karakter. Karakter garis tersebut ditentukan oleh persepsi audiens sebagai pengamat dari desain tersebut.

So, buat kalian yang mau tahu lebih banyak seputar desain lainnya. Stay tuned terus ya di website dan akun media sosial kita, karena masih banyak informasi menarik lain yang akan dibahas.

IDS | International Design School juga menyediakan kelas bagi kamu yang berminat untuk mendalami dunia desain. Selengkapnya bisa kalian cek di sini

 

Source:

1 2 3

 

Source pictures:

1 2 3 4 5

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG