Ini Dia Payment Gateaway yang Terkenal di Indonesia - IDS | International Design School

Ini Dia Payment Gateaway yang Terkenal di Indonesia

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa payment gateway adalah sebuah penyedia jasa aplikasi e-commerce yang memegang otorisasi untuk pembayaran e-business, online retailer, dan lain – lain. Jika diluar negeri memiliki PayPal sebagai salah satu payment gateway yang banyak digunakan, maka di Indonesia juga ada beberapa payment gateway yang sedang booming. Payment gateway ini terintegrasi dengan beberapa bank rekanan mereka dan dapat digunakan jika kita ingin berbelanja online.

Berikut ini adalah beberapa payment gateway di Indonesia.

 

1. Doku

1
Berdiri sejak tahun 2007, Doku menjadi pelopor dari payment gateaway di Indonesia. Doku menyediakan solusi pembayaran online dan sudah memiliki lebih dari 17.000 merchant. Beberapa merchant besar yang tergabung, seperti Electronic Solution, Kidzania, Dompet Dhuafa, Citi Trans, Alfaonline, dan masih banyak lainnya. Doku memiliki fitur layanan yang cukup lengkap, seperti pembayaran online, cicilan bulanan, kartu kredit, transfer uang, dan mengirim uang melalui facebook. Selain itu, Doku sudah terhubung dengan kesepuluh bank di Indonesia. Jadi, dipastikan keamanannya terjamin.

 

 

2. Midtrans (Veritrans)

2
Diluncurkan pada tahun 2012, payment gateaway ini awalnya bernama Veritrans Indonesia. Veritrans memiliki dua produk utama yang ditawarkan, yaitu VT Web dan VT Direct. Perbedaan keduanya adalah dari aplikasi yang ditanamkan di halaman website penjual untuk menyelesaikan transaksi penjualan. Jika pada VT Web konsumen akan digiring untuk menyelesaikan pembayaran ke situs Veritrans, VT Direct akan menggiring konsumen untuk menuntaskan pembayaran langsung pada VT Web ditujukan untuk startup dan UKM sedangkan VT Direct untuk merchant dengan skala besar.  Beberapa merchant yang menjadi partnernya adalah Berrybenka, Citilink, Bhinneka, Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, Travelio.com, dan lain-lain. Pembayaran debit yang disediakan telah bekerjasama dengan bank-bank besar di Indonesia seperti Bank Mandiri, CIMB, BRI, dan BCA.

 

 

3. Ipaymu

3
Ipaymu juga menjadi salah satu payment gateaway yang disukai masyarakat Indonesia. Memiliki 4 layanan utama yang terdiri dari debit (e-wallet), kartu kredit, transfer bank dan escrow account. iPaymu juga bisa untuk melakukan tarik tunai. E-wallet iPaymu ini terkoneksi ke 137  bank. Jadi, lebih sederhana dan cepat. Masyarakat yang berada di daerah pun, jika ingin melakukan transaksi e-commerce bisa melalui Bank Pembangunan Daerah. Ipaymu juga memiliki satu layanan lagi yaitu CoD (Cash on Delivery) yang akan segera menyusul untuk direalisasikan.

 

 

4. Finpay

4
FinPay adalah salah satu payment gateway yang dikeluarkan oleh PT Finnet Indonesia pada tahun 2006. Konsep bisnis FinPay menyertakan proses menghubungkan dan mentrasformasikan semua entitas bisnis baik Bank, Billers/Merchants, Regulator/BI, Agents dan End Users/Customer yang terlibat dalam transaksi finansial menjadi lebih sederhana dan ringkas. FinPay bekerjasama dengan banyak merchant dan bank rekanan yang jumlahnya mencapai lebih dari 60 bank. Beberapa mercahnt yang sudah bekerja sama, seperti My Telkomsel, Alfaonline, Blanja.com, dan masih banyak lainnya.

 

5. Fasapay

5
FasaPay merupakan produk yang dikeluarkan oleh PT Fasa Centra Artajaya dan bergerak di bidang jasa keuangan, khususnya sebagai media pembayaran online. Fasapay hadir dengan menawarkan fitur layanan deposit yang menerima transaksi dari semua bank yang tersedia, tidak membutuhkan kartu kredit, menyematkan fitur PIN transaksi, dan lain- lain. Fasapay juga memiliki beberapa program unggulan yang ditawarkan, diantaranya adalah dari segi keamanan bertransaksi, segi aksesibilitas, dan program “member get member”.

Nah, itu dia beberapa payment gateaway yang terkenal di Indonesia dan telah bekerja sama dengan banyak merchant. Kehadiran payment gateaway memang sangat membantu dan memudahkan kita untuk melakukan transaksi pembayaran. Kalau menurut kamu? Payment gateaway mana yang paling mudah digunakan? Atau mungkin kamu punya pilihan lainnya?

 

Source article and pictures:

1 2 3 4 5 6 7 8

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG