Ini Dia Tips Gunakan Media Sosial untuk Usaha Bisnismu | IDS

Ini Dia Tips Gunakan Media Sosial untuk Usaha Bisnismu

Sekarang ini, media sosial  sudah menjadi salah satu sarana wajib untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis atau produk yang dijual. Faktanya, hampir 70 persen pelanggan/pembeli menggunakan media sosial untuk mencari informasi seputar produk yang akan dibeli. Oleh karena itulah, Media sosial menjadi salah satu sarana paling efektif untuk meningkatkan penjualan produk bisnis kita. Nah, bagi kamu para creativepreanur yang menjadikan sosial media sebagai salah satu sarana wajib buat mempromosikan. Yuk simak beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba untuk lebih meningkatkan usaha bisnismu!

 

1. Lakukan Live Streaming

Berdasarkan penelitian (https://livestream.com/blog/62-must-know-stats-live-video-streaming ) orang lebih senang melihat konten promosi yang berbentuk video, dan live streaming di media sosial hadir sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melakukan promosi dalam bentuk video. Promosi melalui live streaming Instagram dan facebook dapat meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli jauh lebih tinggi karena secara otomatis followers yang mem-follow akun bisnis Anda akan mendapat notifikasi saat kita sedang melakukan live streaming. Nah, sekarang yang perlu dilakukan saat live streaming ialah mengadakan sesi Q&A dan live tutorial. Kenapa? karena dari situlah kita akan mendapatkan lebih banyak feedback dari pelanggan (customer). Customer dapat langsung mengirimkan pertanyaan seputar produk yang dijual, memberikan saran, komentar dan Anda pun sebagai pelaku bisnis bisa langsung menjawabnya. Alhasil, interaksi antara pelaku bisnis dengan customer pun berjalan dengan baik.

 

2

2. Cantumkan Lokasi (Geotag) di Setiap Post-an Produkmu

Pastikan untuk mencantumkan lokasi wilayah di setiap post-an produk Anda, yang terpenting cantumkan alamat lengkap, website, dan kontak yang bisa yang bisa dihubungi untuk lebih memudahkan para pelangganmu. Pencantuman lokasi juga dapat meningkatkan peningkatan SEO. Salah satunya, Anda bisa menggunakan Facebook yang memiliki fitur Facebook Ads, dengan Facebook Ads Anda dapat mengatur parameter dan target iklan Anda untuk beberapa lokasi tertentu.

 

 

geotag 4

 

3. Pastikan Akun Bisnis Anda Terhubung dengan Para Influencer

Secara tidak langsung para influencer di media sosial memiliki peranan yang besar terhadap usaha yang kita jalani. Ditambah lagi, sekarang dikenal dengan yang namanya selebgram (selebriti Instagram). Anda bisa melakukan endorsement (mempromosikan produk)  yang dijual melalui para selebgram tersebut. Namun, hal ini tidak gratis, sama saja dengan beriklan, Anda perlu membayar atas jasa promosi yang mereka lakukan.
2

 

 

4. Manfaatkan Fitur Stories Instagram dan Facebook

Generasi Milenials pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini. Yups! apalagi kalau bukan stories. Stories menjadi fitur yang paling hits sekarang ini. Semua orang melakukan update foto dan video dengan durasi 15 detik melalui fitur ini. Nah, karena ketenarannya, maka banyak pelaku bisnis yang mempromosikan produk mereka di sini karena sangat efektif, mudah dilakukan, ditambah dengan sticker dan emoticon yang makin membuat menarik produkmu. Contoh konten stories yang bisa Anda buat, seperti memperlihatkan proses pembuatan, video motion graphic singkat mengenai produknya, dan masih banyak lagi.

 

3

5. Buat Jadwal Timeline untuk Posting Produkmu

Hal ini mudah dilakukan, namun sering dikesampingkan. Jadwal timeline sangat diperlukan agar konten promosi yang dilakukan dapat lebih tersusun dengan rapi dan baik. Ada baiknya, jadwal posting yang Anda buat harus disesuaikan dengan jam prime time, seperti saat jam makan siang dan jam pulang kantor, di mana waktu tersebut banyak orang yang mengakses media sosial mereka. Dengan membuat jadwal konten, maka Anda dapat mengatur tampilan Instagram (feed) menjadi lebih bagus dan menarik sehingga pembeli akan tertarik untuk mengunjungi media sosial bisnismu.

 

5

6. Mempelajari Ilmu Digital Marketing

Konten promosi produk melalui media sosial erat kaitannya dengan ilmu digital marketing. Digital marketing menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan karena dapat menjangkau customer secara lebih luas dan efektif. Oleh karena itulah, perlunya mempelajari strategi digital marketing yang mumpuni agar dapat bersaing di industri kreatif saat ini. IDS mempunyai program digital marketing yang bisa mengantarkanmu untuk memahami seputar content marketing, SEO & SEM, online marketing dan masih banyak lagi, info lengkap bisa cek selengkapnya di program belajar kami.

(AEL)

 

Source:

1

 

source pictures:

1   2  3  4  5  

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG