INILAH BAHASA PEMROGRAMAN YANG PERLU DIPELAJARI UI DESIGNER | IDS

INILAH BAHASA PEMROGRAMAN YANG PERLU DIPELAJARI UI DESIGNER

Sharing is caring!

Sebagai seorang UI (user interface) desainer  dalam men-design sebuah tampilan website atau mobile app itu bisa menggunakan berbagai design tools seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau bahkan tools –tools yang lebih spesifik lagi khusus untuk membuat sebuah aplikasi. Selain itu, dibutuhkan juga pengetahuan mengenai berbagai bahasa pemrograman. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Java

Jika kamu mencari berbagai bahasa pemrograman yang dapat digunakan di berbagai platform mulai dari PC sampai perangkat mobile, Java adalah jawabannya. Dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle, nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Berbagai kelebihan yang dimiliki Java, seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk ke dalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi obyek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. Selain itu, bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer.

2. HTML

HTML adalah bahasa pemrograman web yang paling popular. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML mempunyai fungsi di antaranya dapat menentukan format suatu teks, membuat list, membuat link ke dokumen lain, menyisipkan gambar, serta dapat menampilkan informasi dalam bentuk tabel. Selain itu, HTML juga berfungsi untuk mengatur tampilan dari halaman web dan isinya, menambahkan obyek seperti gambar, video, audio, dan lain-lain. Tentunya hal ini akan sangat membantu para UI designer dalam melakukan pekerjaan mereka.

3. PHP

PHP, yang merupakan singkatan dari PHP Hypertext Pre-processor merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya.

4. Phyton

Phyton termasuk bahasa tingkat tinggi dalam tingkat bahasa pemrograman. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Perusahaan besar seperti Instagram, Pinterest, dan Rdio juga menggunakan Phyton dalam pengembangannya.

5. Java Script

Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang JavaScript ini dengan nama JavaScript Indonesia, anggotanya sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 10 ribu orang.

Tertarik untuk mempelajarinya dan menjadi UI Designer? yuk kembangkan passion yang kamu miliki untuk menjadi seorang UI Designer terkenal. IDS | International Design School punya program khusus yang menawarkan kamu untuk menjadi seorang UI Designer yang kompeten di bidangnya. Let’s Transform Passion into Action! 

Source:

1   2

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG