Berbagai Istilah yang Perlu Kamu Tahu dalam Visual Effect (VFX) - IDS | International Design School

Berbagai Istilah yang Perlu Kamu Tahu dalam Visual Effect (VFX)

Visual effect (VFX) adalah teknik yang digunakan dalam industri film, televisi, dan animasi yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Simpelnya adalah menciptakan suatu peristiwa, kejadian, atau latar suasana menggunakan bantuan CGI (Computer Generated Imagery) agar sama dengan kenyataanya.

Dan tahukah kamu kalau visual effect juga memiliki beberapa istilah dalam tekniknya? Apa saja? Berikut rinciannya.

 

1. Computer Generated Image (CGI)

CGI 1
CGI adalah salah satu teknik dalam visual effect yang digunakan pada film-film Hollywood, seperti Star Wars, Avatar, dan Avengers. CGI merupakan pencitraan yang dihasilkan oleh komputer sebagai penerapan lanjutan dalam bidang komputer grafis. Secara sederhana, mengutip Business Insider, CGI serupa dengan teknik animasi tradisional. Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat melalui rangkaian gambar-gambar yang saling bertautan. Umumnya, sebuah gambar bergerak tercipta dalam ritme 24fps (frame per second). Software-software yang digunakan dalam pembuatan CGI antara lain adalah Autodesk 3D Max, Autodesk Maya, dan Blender.

 

2. Digital Compositing

Digital compositing 2
Proses merakit secara digital beberapa gambar untuk membuat gambar akhir, gambar bergerak atau tampilan layar. Compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital, penggabungan optik, elemen-elemen dari berbagai sumber menjadi gambar. Teknik ini dikenal dengan sebutan “green screen” atau “blue screen”.

 

3. Virtual Cinematography

virtual cinematography 3
Serangkaian teknik sinematografi yang dijalankan dalam situasi grafis. Ini termasuk berbagai macam subjek seperti memotret objek nyata, sering kali dengan pengaturan stereo atau multi-kamera. Virtual Cinematography adalah efek khusus dalam film yang dibuat dengan komputer grafis. Bisa juga memotret obyek asli untuk dibuat obyek 3D digital sebagai kreasi virtual sinematografi.

 

4. Stop Motion Animation

Stop Motion Animation 4
Teknik animasi yang secara fisik memanipulasi objek sehingga tampak bergerak sendiri. Teknik ini akan menjadi karya seni atau model 2D atau 3D yang ditampilkan dalam urutan sedemikian rupa sehingga menciptakan ilusi gerak. Metode yang paling umum untuk menyajikan ini adalah film atau program video.

 

5. Chroma Keying

chroma keying 5
Umumnya, chroma keying digunakan untuk mentransparansikan warna latar belakang dengan menggabungkan dua gambar. Biasanya, warna yang digunakan adalah biru dan hijau. Mengapa? Karena warna tersebut adalah warna kontras dari warna mayoritas kulit makhluk hidup.

Selain istilah dalam teknik visual effect (VFX), ada pula posisi yang paling penting dalam sebuah tim produksi visual efek, diantaranya

  1. VFX Director, bertanggungjawab mengawasi proses produksi visual efek.
  2. VFX Rigger, bertugas menyiapkan dan mengendalikan model-model miniatur, boneka  makhluk (figure), atau benda-benda lain yang menjadi subjek pengambilan gambar.
  3. VFX Supervisor, bertugas sebagai kepala kru.

 

Nah, itu dia beberapa hal seputar visual effect (VFX) yang mungkin belum banyak yang tahu. Buat kamu yang tertarik dan mau belajar seputar film, yuk! Sekolah di IDS. IDS punya program kuliah singkat selama 20 bulan yang akan membantumu terjun di dunia industri kreatif film.

 

 

Source:

1 2 3 4

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG