Mau Tau Jenis Backlink yang Berkualitas untuk SEO? Baca disini! | IDS

Mau Tau Jenis Backlink yang Berkualitas untuk SEO? Baca disini!

Optimasi sebuah situs web bisa juga dilakukan dengan menggunakan jenis backlink berkualitas dalam halaman situs tersebut. Dengan backlink berkualitas, optimasi offpage situs web akan semakin meningkatkan ranking situs web. Backlink sendiri merupakan link situs web kita yang ditautkan ke dalam situs web orang lain atau sebaliknya. Backlink sering juga disebut external link atau inbound link. Backlink ini merupakan salah satu dari sekian banyak faktor pendukung suksesnya SEO sebuah situs web. Lalu, jenis backlink berkualitas seperti apa yang bagus untuk peningkatan SEO?

jenis backlink berkualitas

https://www.brightedge.com/sites/default/files/backlinks.jpg

1. Kontekstual

Contextual links atau link kontekstual adalah backlink yang disisipkan di dalam sebuah artikel (konten). Jenis backlink yang satu ini biasanya sangat dipercaya ampuh untuk menaikkan SEO dan kepercayaan dari pengguna karena letaknya yang ada di dalam sebuah bacaan. Bayangkan, saat sedang membaca artikel dalam topik tertentu, kamu diberikan suguhan lagi untuk membaca konten dari situs web lain yang pastinya tetap related dengan artikel yang sedang kamu baca. Pengguna akan senang dan percaya, kemudian merekomendasikannya pada orang lain.

2. Relevan

Baik link kontekstual atau jenis backlink lainnya, kamu tetap harus memasukkan backlink yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Misalnya, situs web kamu bertopik tentang SEO, maka pilih juga situs web lain bertema SEO yang bisa disisipkan backlink ke situs web kamu. Dengan begini, artikel dan situs tautan jadi sama-sama relevan. Jangan sembarangan memasukkan backlink karena biasanya kalau tidak relevan algoritma Google pun bisa mengetahuinya.

3. Bedakan Tag ‘Nofollow’ dan ‘Dofollow’

Penghitungan algoritma Google membagi jenis backlink ke dalam dua tag yakni Nofollow dan Dofollow. Nofollow adalah tag backlink yang memerintahkan mesin pencari untuk tidak ikut memasukkan link tersebut dalam penghitungan ranking SEO. Sedangkan Dofollow sebaliknya, link ini memerintahkan mesin pencari untuk ikut memasukkan link yang bersangkutan ke dalam penghitungan ranking SEO. Tag ini biasanya terdapat dalam sebuah URL situs web dengan tulisan ‘rel=nofollow’ atau ‘rel=dofollow’.

4. Datang dari Situs Web Berkualitas

Sebenarnya backlink menuju situs web kamu bisa datang dari mana saja. Tetapi lebih baik lagi kalau backlink tersebut datang dari situs web yang berkualitas. Maksud berkualitas di sini adalah situs web tersebut sudah memiliki banyak pengunjung, dipercaya banyak orang, dan berumur lama. Karena datang dari situs web berkualitas, situs web kamu pun akan dianggap berkualitas pula oleh mesin pencari.

5. Beragam Bentuknya

Bentuk backlink ada banyak, lho. Tidak hanya dalam artikel saja, backlink juga bisa dimasukkan ke dalam sebuah gambar, situs social bookmarking (seperti Pinterest), komentar, dan lain-lain. Dalam backlink ini tentunya juga harus disertakan keyword yang sesuai supaya proses SEO tidak sia-sia. Nah, untuk membuat backlink berkualitas, usahakan supaya backlink ke situs web kamu itu datang dari beragam bentuk, bukan hanya artikel saja.

Sources: 1 | 2 | 3 | 4

Posted in: Articles

Comments (5 Responses )

  1. Bunga - March 9, 2018 - 2:55 am #

    Keren sangat membantu hu

  2. gonore adalah - February 8, 2018 - 1:23 pm #

    Mas mau tanya untuk memedakan Bedakan Tag ‘Nofollow’ dan ‘Dofollow’ klo BK Pake apa yach ? …

  3. klinik ginekologi di jakarta - February 8, 2018 - 1:19 pm #

    mantap mas artikelnya, saya mau tanya cara bedain backlink berkualitas sma yg engga berkualitas caranya gmna yah?

  4. testrdp - September 23, 2017 - 7:13 pm #

    pengertian SEO secara singkat

  5. Nubi - July 15, 2017 - 12:58 pm #

    Basi ah… Sangat dasar… Coba berikan artikel seo yang lengkap. Misal dimulai dari pengertian dan pemahaman mesin pencari google tentang apa saja yang dinilai oleh mereka.. Bukti bahwa perbedaan artikel informatif dan artikel biasa itu nyata. Berapa link minimal yang ada dalam setiap artikel. Keyword utama dan keyword turunan disertai link / tidak seperti apa contohnya.. Masih banyak lain.. Mungkin habis 2000kata untuk menjabarkan nya. Saya lebih tertarik anda membahas tentang tips film maker saja.. Maaf atas kritikan saya. Bukan bermaksud menyinggung. Hanya konten yg diberikan tidak informatif.. Jika komentar ini diterbitkan saya respect ke IDS.. Thx..

DAFTAR SEKARANG