Jenis Pembayaran dalam Online Shopping - IDS | International Design School

Jenis Pembayaran dalam Online Shopping

Disaat tren belanja online belakangan ini semakin marak, maka sudah tentu metode pembayaran online shop juga semakin beragam. Cara pembayaran online ini sangat penting untuk terus dikembangkan oleh setiap perusahaan e-commerce, agar orang – orang juga semakin tertarik untuk berbelanja online. Pembayaran online shop diantaranya adalah dengan digital cash, dimana saat ini kita sudah berada di era yang semakin cashless.

Selengkapnya akan dibahas beberapa jenis pembayaran dalam online shopping, sebagai berikut:

  1. Transfer antar bank

Melalui metode pembayaran jenis ini, si pembeli yang sudah menjadi nasabah aktif dan memiliki rekening di bank tertentu dapat melakukan transfer kepada alamat rekening si penjual untuk membayar barang yang telah dibeli. Jenis pembayaran ini meliputi ATM transfer, pembayaran teller, Internet Banking, ataupun Mobile Banking. Dalam hal ini, rekening yang digunakan dapat merupakan rekening si pemilik toko online tersebut, atau pada beberapa e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak; si pembeli melakukan transfer kepada rekening bersama milik perusahaan. Setelah produk diterima oleh si pembeli, barulah uang tersebut diteruskan kepada rekening milik si penjual. Jika menggunakan pembayaran jenis ini, umumnya si pembeli harus melakukan transfer terlebih dahulu baru kemudian barang/produk yang mereka inginkan akan dikirimkan oleh si penjual.

  1. Kartu Kredit

Pembayaran menggunakan kartu kredit juga merupakan salah satu pembayaran yang lazim digunakan dalam online shopping. Karena pengguna dan pemilik kartu kredit sudah semakin banyak, maka jenis pembayaran dengan kartu kredit dianggap salah satu metode yang paling mudah. Dengan menggunakan kartu kredit, kita hanya perlu memasukkan nomor kartu kredit dan beberapa informasi tambahan seperti nama lengkap ataupun angka verifikasi di bagian belakang kartu. Kemudian seketika itu juga pembayaran akan selesai dan histori pembayaran Anda telah tersimpan.

  1. Paypal

Paypal adalah jenis pembayaran online shop yang banyak digunakan di luar negeri, dalam berbagai toko online mancanegara. Untuk menggunakan Paypal, terlebih dahulu kita harus membuat akun Paypal, lalu memasukkan uang untuk melakukan pembayaran ke dalam akun tersebut. Selain menemukan kemudahan saat transaksi, Paypal juga sangat terkenal karena faktor keamanan, gratis biaya pendaftaran dan biaya bulanan.

  1. CoD (Cash on Delivery)

CoD (Cash on Delivery) umumnya digunakan ketika jarak antara tempat pembeli dengan penjual relatif tidak jauh dan memungkinkan untuk mengadakan pertemuan diantara kedua belah pihak. CoD adalah sistem pembayaran dimana pembeli telah sepakat dengan penjual untuk melakukan transaksi disuatu tempat yang telah mereka tentukan sebelumnya. Biasanya transaksi akan dilakukan secara tunai/cash setelah barang diserahkan dan terjadi persetujuan antara kedua belah pihak. Jenis pembayaran ini memiliki kelebihan bagi sisi pembeli, dimana mereka bisa melihat langsung kondisi barang yang akan dibeli, dan memastikan bahwa seluruh spesifikasi barang tersebut sesuai dengan yang dipaparkan secara online.

 

  1. Wallet / Store Credit

Jenis pembayaran ini umumnya terafiliasi dengan website e-commerce tertentu. Dengan sistem wallet / store credit ini, si pembeli yang telah memiliki akun di sebuah toko online memiliki semacam “dompet” online. Mereka dapat “mengisi” dompet tersebut dengan melakukan pengisian sejumlah uang ke dompet tersebut. Jika nantinya si pembeli ingin melakukan transaksi, mereka dapat menggunakan saldo yang ada di store credit tersebut dan nantinya akan otomatis berkurang sesuai dengan nominal yang tercantum. Jenis pembayaran ini juga tentunya cukup mudah digunakan dan memungkinkan pembeli untuk mendapatkan berbagai promosi menarik dari toko online tersebut karena menggunakan fitur wallet / store credit tersebut. Contoh e-commerce yang mendukung jenis pembayaran ini adalah Zalora dan Tokopedia.

Source: 1 |2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG