Karakter Video Game Paling Terkenal asal Jepang - IDS | International Design School

Karakter Video Game Paling Terkenal asal Jepang

Video game adalah salah satu bagian signifikan dari perjalanan pop culture selama beberapa dekade belakangan. Masyarakat modern dari beragam latar belakang telah mencoba media hiburan yang sangat populer ini dengan berbagai genre yang bisa dimainkan. Beberapa karakter dalam video game telah menjadi sesuatu yang ikonik dan mampu menjamah kehidupan para pemain game baik secara personal maupun masal karena signifikansi mereka dalam membentuk kebudayaan modern.

Kali ini, IDS akan membahas beberapa tokoh game paling populer sejak lahirnya bisnis yang telah menjelma menjadi industri raksasa seperti sekarang. Patut diingat bahwa daftar ini tidak disusun sebagai ranking. Berikut ulasannya.

 

Sonic The Hedgedog

fddec6b2a0e806216720bd6dba01a604

 

Siapa yang tidak mengenal karakter ini? Sonic adalah landak berwarna biru dengan kemampuan untuk berlari melebihi kecepatan suara yang telah menjelma menjadi karakter yang sangat populer di mata publik sejak kemunculannya pada tahun 1991. Pada awalnya, Sonic diciptakan oleh developer game asal Jepang Sega untuk menyaingi kesuksesan karakter Mario yang dibuat oleh Nintendo.

Karakter Sonic sebagai pemberontak yang cekatan dianggap sebagai daya tarik dari tokoh ini karena sifat dan perilaku dari tokoh game terkenal lain pada era awal dekade 90an kebanyakan sangat konservatif dan family friendly. Sonic telah masuk ke dalam catatan Guiness Book of World Record serta berbagai majalah seperti Rolling Stone dan Empire sebagai salah satu karakter paling terkenal sepanjang sejarah video game.

 

Pac-Man

pac_man_hed

 

Diluncurkan oleh developer game Namco pada tahun 1980 silam, Pac-Man adalah salah satu karakter game paling populer sekaligus paling menguntungkan. Tercatat bahwa hingga sampai pertengahan dekade 1990an saja, Pac-Man telah meraup US$ 4 miliar dari koin arcade game.

Popularitas Pac-Man membuat salah satu stasiun televisi di Amerika Serikat sampai menayangkan seri kartun karakter ini yang berjudul Pac-Man: The Animated Series. Selain popularitas di arena game dan layar kaca, Pac-Man juga diabadikan dalam bentuk koleksi memorabilia di museum Smithsonian Institution dan Museum of Modern Art di New York, pencapaian yang hanya diraih oleh segelintir game.

 

Mario

mario.0

 

Pria bertubuh gempal dan berkumis ini bisa dibilang adalah karakter paling mendunia dalam sejarah video game. Meskipun dirilis sebagai salah satu karakter sampingan dalam franchise Donkey Kong, Mario malah terkenal sebagai tokoh independen dan berhasil meraup keuntungan yang fantastis bagi developer game yang menciptakannya, Nintendo. Tercatat game Mario telah terjual hingga 500 juta unit dan menjadikan karakter game ini sebagai franchise dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah. Selain melalui video game, Mario telah muncul di berbagai media seperti televisi, film layar lebar bahkan tokoh yang diceriterakan berasal dari Italia ini memiliki taman bermain yang secara spesifik bertemakan dirinya.

 

Ryu

457050-ryu_nxcfix

 

Pertama kali dipublikasikan sebagai tokoh protagonis utama dalam seri game Street Fighter pada tahun 1987 silam, Ryu telah menjadi salah satu karakter paling terkenal dalam genre fighting game. Karakter Ryu yang mengenakan baju karate putih yang dimodifikasi dianggap sebagai alasan utama franchise Street Fighter telah berhasil meraup keuntungan US$ 11,3 miliar selama keberadaannya.

Ryu diciptakan oleh Takashi Nishiyama yang kala itu menjabat sebagai game designer di perusahaan game raksasa asal Jepang, Capcom. Selain telah muncul di game yang dibuat oleh Capcom, karakter Ryu bisa dimainkan di beberapa game crossover seperti seri game Marvel vs. Capcom, Street Fighter X Tekken dan Super Smash Bros. Ultimate.

 

Nah, demikian salah satu bagian dari ulasan karakter game paling terkenal sepanjang sejarah oleh IDS. Apa ada tokoh lain yang kamu rasa ikonik dan menjadi bagian signifikan dari kebudayaan masyarakat modern? Jika ya, silakan tinggalkan komentar di kolom di bawah ini. Selamat bermain!

 

Source:

1 2 3 4 5

Photo Source:

1 2 3 5

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG