Karakter Video Game Paling Terkenal dari Dunia Barat - IDS | International Design School

Karakter Video Game Paling Terkenal dari Dunia Barat

Video game adalah media yang populer bagi masyarakat modern untuk melepaskan penat dari rutinitas yang mereka jalani. Game telah merasuk ke dalam budaya masyarakat modern dan bahkan bagi sebagian orang telah melebihi status sebagai media rekreasi melainkan sebagai gaya hidup. Perkembangan dunia gaming bukan hanya melalui segi konten, tetapi secara finansial dan industrial. Hal itu ditunjukkan dengan keuntungan moneter dari developer game yang terus melejit dan jumlah gamer profesional yang terus bertambah hingga ke titik gaming diikut sertakan dalam ajang-ajang olahraga bergengsi seperti Asian Games.

Kali ini, IDS | International  Design School akan membahas beberapa karakter video game dari belahan dunia bagian barat yang paling ikonik selama beberapa dekade belakangan ini. Patut diingat bahwa daftar ini tidak disusun sebagai ranking. Berikut ulasannya.

 

 Lara Croft

 

ss_65861a8ea2efcb01fca8aa4b1233663bb053ab54.1920×1080 (1)

 

Protagonis utama dari seri Tomb Raider ini telah menjadi ikon lead character perempuan di dunia game. Sejak kemunculannya pada tahun 1996 silam, franchise Tomb Raider telah mendulang keuntungan finansial yang fantastis. Tercatat sebanyak 67 juta kopi game Tomb Raider telah terjual dan karakter Lara Croft dianggap berandil besar dalam kesuksesan tersebut.

Karakter Lara Croft yang merupakan seorang arkeolog cantik berkebangsaan Inggris ini juga telah beberapa kali diangkat ke layar lebar. Aktris-aktris Hollywood papan atas yakni Angelina Jolie dan Alicia Vikander telah membintangi film adaptasi Tomb Raider dan meraup ratusan juta dollar Amerika dari pendapatan tiket saja.

 

 

Carl Johnson

 

02e597-GTA5 2018-01-12 16-44-44-36-min

 

 

Kesuksesan developer Rockstar Games dalam menggarap game kontroversial Grand Theft Auto: San Andreas memang disebabkan oleh berbagai aspek seperti narasi, grafik dan fitur-fitur revolusioner yang sangat jarang ditemui di game kala itu. Namun, andil Carl Johnson (CJ) yang merupakan protagonis utama dari game tersebut tidak bisa dikesampingkan. Tampilan dan keperawakan CJ dianggap revolusioner bagi generasi yang tumbuh pada periode keemasan Grand Theft Auto.

Selain kesuksesan secara konten dan kritik, San Andreas juga merupakan salah satu game dengan keuntungan finansial terbesar sepanjang sejarah. Game yang berlatarkan di kota Los Santos ini dinobatkan oleh Guiness Book of World Record sebagai permainan dengan penjualan terbanyak di konsol PlayStation 2 sebanyak 17,33 juta unit dengan keseluruhan 21,5 juta unit di semua format.

 

Crash Bandicoot

 

 

 

crash-bandicoot-nsane-trilogy.jpg

 

Crash yang merupakan seekor mutan bandicoot telah menjadi salah satu tokoh game favorit publik dalam 20 tahun belakangan. Pertama kali muncul pada 1996 silam, karakter Crash yang ceria, gemar bertualang dan pemberani dicintai oleh publik meskipun menerima respon yang variatif dari kritikus game.

Popularitas karakter Crash tidak hanya mendatangkan keuntungan finansial bagi developer-developer yang pernah menggarap franchise ini melalui penjualan unit game, berbagai jenis merchandise dari tokoh ini juga mendulang keuntungan yang fantastis. Franchise yang pada awalnya diciptakan Naughty Dog ini juga merupakan salah satu dari segelintir game asal dunia barat yang meraih kesuksesan besar di Jepang. Dengan penjualan total yang melebihi 40 juta unit di seluruh dunia, wajar rasanya bila Crash dinobatkan sebagai salah satu karakter game paling ikonik.

 

Gordon Freeman

 

 

x3AKYh2

 

 

Protagonis utama dalam seri game Half-Life ini pertama kali muncul pada  tahun 1998, Gordon Freeman telah beberapa kali dinobatkan sebagai karakter video game terbaik sepanjang masa oleh beberapa oknum seperti UGO dan GameSpot. Gordon adalah seorang ahli fisika yang berasal dari Seattle, Amerika Serikat dimana ia ditugaskan untuk menjalani penelitian antariksa yang kemudian diserang oleh alien.

Karakter ini diciptakan oleh co-founder Valve Corporation, Gabe Newell dan sejak pertama kali dirilis telah muncul di sebelas edisi sekuel Half-Life. Pada tahun 2013 silam, filmmaker J.J Abrams mengumumkan minatnya untuk menggarap adaptasi film dari Half-Life, namun hingga sekarang belum ada tanda-tanda film ini akan diproduksi.

 

Nah, demikian salah satu bagian dari ulasan karakter game paling terkenal sepanjang sejarah oleh IDS | International  Design School. Apa ada tokoh lain yang kamu rasa ikonik dan menjadi bagian signifikan dari kebudayaan masyarakat modern? Jika ya, silakan tinggalkan komentar di kolom di bawah ini. Selamat bermain!

 

Source:

1 2 3 4 5

Photo Source:

1 2 3 4 5

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.