Kelebihan dan Kekurangan Menggambar Animasi Jepang Melalui Video Tutorial | IDS

Kelebihan dan Kekurangan Menggambar Animasi Jepang Melalui Video Tutorial

Belajar cara menggambar animasi Jepang melalui melalui video tutorial sudah banyak tersedia di berbagai sumber. Ada yang memang gratis dan ada pula video pembelajaran berbayar. Video tutorial itu pun memiliki kelebihan dan kekurangan bagi penggunanya. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di artikel ini!

Kelebihan

 

1. Biayanya Lebih  Murah

 

ongkosnya murah

Belajar menggunakan video tutorial di era digital saat ini tentunya jauh lebih murah. Sebab, kamu tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendapatkan pembelajaran mengenai menggambar animasi Jepang. Apalagi, banyak video tutorial belajar menggambar di situs Youtube sehingga kamu tidak perlu repot mengeluarkan uang dan tenaga untuk belajar menggambar.

Meski begitu, keberhasilan kamu menyerap berbagai pembelajaran dari video tutorial bergantung pada seberapa sanggupnya kamu memahami materi dari video itu sendiri. Bila memang videonya mudah dipahami, maka kamu akan sangat mudah menyerap materinya dan begitu pula sebaliknya.

 

2. Waktu yang Fleksibel

3 (kelebihan)

Menggunakan video tutorial tentunya memberikan waktu yang fleksibel padamu untuk belajar menggambar. Sebab, kamu bisa membuka video itu kapanpun kamu merasa ingin belajar. Dengan begitu, kamu bisa memiliki waktu yang cukup luang untuk kegiatan lainnya. Selain itu, pemilihan waktu menonton video tutorial bisa pula mempertimbangkan mood sehingga apa saja konten pembelajarannya bisa dengan mudah terserap olehmu.

 

3. Dapat Skip Materi Belajar ke Bagian yang Diinginkan

skip video (3)

Kelebihan video tutorial yang paling digemari ialah materinya dapat diulang ataupun dilewati ke bagian yang diinginkan. Hal itu dapat membantu kamu untuk mendalami proses menggambar animasi Jepang yang cukup rumit. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengulang bagian video yang tidak diinginkan.

 

4. Mendapat Insight Cara Menggambar Mangaka atau Animator Terkenal

Dalam beberapa video tutorial yang ada di situs Youtube, ada yang menunjukkan cara menggambar animasi Jepang sesuai dengan cara menggambar pembuatnya. Mulai dari cara mangaka atau animator itu membuat tokoh dari awal hingga selesai sampai ke detil karakteristik dan ciri khasnya.

Melalui video-video semacam itu, kamu bisa mendapatkan pelajaran dan insight bagaimana cara menggambar tokoh animasi Jepang yang sudah cukup terkenal, seperti Naruto, Doraemon, Monkey D. Luffy, dan lain sebagainya. Dengan belajar melalui video-video itu, kamu bisa membuat tokoh itu sendiri mirip dengan goresan pembuatnya.

 

Kekurangan

 

1. Tidak Ada yang Mengevaluasi Proses Pembelajaran

1 (kekurangan)

Kekurangan video tutorial cara menggambar yang pertama ialah tidak adanya pengevaluasi proses belajarnya. Sebab, kamu belajar secara mandiri dan individu tanpa adanya seorang tutor atau fasilitator. Hal ini akan menyulitkan karena kamu tidak tahu seberapa berkembangnya kualitas menggambarmu dan langkah apa yang harus kamu lakukan setelahnya. Kemampuan kamu bisa saja tak berkembang lantaran hanya mengetahui teknik menggambar dari video-video yang ditonton.

Untuk mengembangkan kemampuan menggambar ke tingkat advance tentunya tetap membutuhkan orang lain. Dengan begitu, belajar kamu akan lebih terarah dan tahu berbagai teknik menggambar lainnya yang tidak ada pada video tutorial.

 

2. Terbatasnya Pengetahuan Teknik Menggambar

2 (kekurangan)

Dengan bergantung pada video tutorial, pengetahuan teknik menggambarmu bisa terbatas. Sebab, tidak semua video tutorial membuka berbagai teknik menggambar yang harus diketahui oleh penontonnya.

Hal tersebut biasanya dikarenakan banyak pembuat video tutorial itu tidak berasal dari latar belakang seni rupa. Banyak yang memang mahir menggambar lantaran belajar otodidak dan tidak memahami berbagai macam teknik menggambar.

 

3. Tak Bisa Interaksi Langsung dengan Tutor

3 (kekurangan

Ketika kamu belajar menggambar animasi Jepang dengan video tutorial, pastinya tidak akan mampu berinteraksi langsung secara cepat. Meski saat ini ada metode live streaming, tetap saja ada proses penghambat komunikasimu dengan tutor menggambarmu di video. Sehingga, kamu tidak bisa langsung mendapat respon dari tutormu di dalam video tutorial.

Hal itu akan menyulitkanmu ketika kamu membutuhkan arahan atas kesulitan dalam proses menggambar animasi Jepang. Dengan begitu, kamu harus mencari tahu sendiri bagaimana mengatasi masalah yang tengah dihadapi.

 

4. Terbiasa Meniru

4 (kekurangan)

Belajar dengan video tutorial membuatmu terbiasa meniru gambar yang dicontohkan. Hal itu akan berdampak pada pengembangan teknik menggambarmu. Sebab, kamu akan terbiasa meniru gambar dalam video tutorial dan sulit mengembangkan teknik menggambar sendiri. Hal itu pastinya akan menghambat kualitas menggambarmu dan kamu hanya akan menguasai satu atau dua teknik semata. Tanpa adanya ciri khas dan karakteristik itu, kamu hanya akan menjadi peniru yang baik.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan belajar cara menggambar animasi Jepang melalui video tutorial. Penggunaan video tutorial agaknya harus diimbangi dengan pembelajaran melalui tutor atau fasilitator secara tatap muka. Dengan begitu, kamu bisa memiliki kemampuan menggambar animasi Jepang lengkap dengan berbagai ruang lingkup tekniknya.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau belajar animasi di mana? IDS | International Design School menyediakan program belajar digital animation selama 20 bulan bersama dengan para pengajar profesional di bidangnya. So, pasti kemampuanmu akan terasah dengan baik sehingga bisa menghasilkan berbagai karya animasi yang bermanfaat di industri kreatif saat ini.

 

 

Source:

1  2  3  4  5

 

Source pictures:

1 2  3  4  5  6 7

 

Source video:

1

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG