Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Aktivitas Digital Marketing - IDS | International Design School

Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Aktivitas Digital Marketing

16251537760686

 

Akselerasi dalam perkembangan dunia teknologi dan bisnis berada di tingkat yang tidak pernah dialami sebelumnya. Keadaan tersebut menuntut pelaku bisnis untuk terus memantau tren dan gosip yang beredar di pasar bebas jika ingin menjaga eksistensi dan kredibilitas perusahaan. Ditambah dengan lansekap bisnis secara general semakin mengedepankan digital marketing yang dijalankan oleh profesional dengan kompetensi tinggi, maka ruang untuk membuat kesalahan semakin mengecil dari hari ke hari.

Terdapat beberapa variabel yang dapat menjadi acuan dalam menentukan prosedur pemasaran. Mengintrospeksi kesalahan dari perusahaan sendiri dan kompetitor secara berkala bisa menjadi tindakan dini dan fundamental sebelum menentukan strategi komersial.

Dalam kesempatan ini, IDS | International  Design School akan membahas kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Patut diingat, setiap poin yang disebutkan dalam artikel ini saling berkaitan dan semuanya memiliki peran yang relatif sama pentingnya dalam pelaksanaan digital marketing campaign. Mari disimak!

 

Menetapkan Target Audience yang Rancu

Target audience yang tidak ditetapkan secara spesifik adalah resep awal dari kegagalan dalam melaksanakan digital marketing. Mengetahui demografi konsumen adalah hal krusial karena campaign digital marketing membutuhkan informasi mendetail yang berimplikasi pada efektifitas pelaksanaannya.

Menetapkan target audience secara spesifik juga berguna untuk menelaah pola traffic digital, leads dan tingkat kesuksesan interaksi yang terjalin antara perusahaan dan konsumen yang dibagi secara kategoris. Setelah mendapatkan informasi yang mendetail dan komprehensif, maka perusahaan bisa merancang strategi campaign digital marketing untuk masa mendatang dengan lebih terarah.

 

Tidak Menetapkan Goals yang Diperlukan

Hampir sama dengan target audience, penetapan goals yang tidak akurat mengakibatkan campaign digital marketing yang tidak efektif. Tujuan dari sebuah aktivitas pemasaran yang jelas akan menjadi barometer kesuksesan pelaksanaannya. Perubahan angka yang terjadi dalam aktivitas media sosial, website dan e-mail tak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki patokan yang spesifik.

Secara praktis, mengetahui goals akan membantu perusahaan saat ingin mengubah strategi pemasaran ditengah pelaksanaannya atau menambah jumlah pekerja atau intensitas konten. Jadi, ada baiknya menetapkan goals sebelum menentukan strategi pemasaran, bukan sebaliknya.

 

Tidak Mengerti Data yang Dihimpun

Langkah yang penting dalam mengonversikan lead menjadi keputusan pembelian adalah memahami signifikansi data yang telah diperoleh dan menjalankan kampanye berkesinambungan, berorientasi dari informasi tersebut. Setelah perusahaan menelaah data yang tepat, maka prioritas dalam digital marketing campaign akan lebih jelas dan eksekusinya lebih terarah.

Perkembangan teknologi memungkinkan siapapun untuk mengolah data dengan software yang dalam sekejap menyortir data sehingga pengambilan kesimpulan taktis akan berjalan lebih cepat. Dengan kombinasi data, key performance indicator (KPI) dan penyesuaian strategi berdasarkan tren yang terus berubah, maka campaign akan berjalan dengan ampuh.

 

Selalu Mengikuti Tren

Dalam digital marketing, tren bergerak secara dinamis dan kepekaan dari perusahaan harus tetap dijaga dalam mengantisipasi perubahan agar tidak tertinggal dari kompetitor. Namun, patut diingat bahwa terdapat batas tipis antara mengikuti tren dan hanya ikut-ikutan saja. Sebuah langkah marketing yang salah dapat merusak brand. Bahkan reputasi sebuah perusahaan bisa cedera dan secara otomatis menurunkan nilai produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Ketahuilah apa nilai kuat yang ingin ditonjolkan oleh perusahaan. Dengan demikian citra perusahaan tak akan bergeser ke arah negatif hanya karena keputusan impulsif yang berasal dari histeria publik.

 

Demikian ulasan mengenai hal yang perlu dihindari saat menjalankan aktivitas digital marketing oleh IDS | International  Design School. Ada saran tambahan dari kamu untuk pelaku usaha yang sedang menjalankannya? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai digital marketing, yuk belajar di IDS | International  Design School dalam program creative course! Kamu akan dibimbing oleh pengajar dengan segudang pengalaman profesional dengan fasilitas kampus yang bertaraf internasional! Daftarkan dirimu sekarang!

 

Source:

1 2 3 4 5

Photo Source:

1 2

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG