Ketahui 6 Negara Bagian Australia - IDS | International Design School

Ketahui 6 Negara Bagian Australia

Australia yang memiliki luas 7,69 juta km2 terdiri atas enam negara bagian dan dua teritorial. Benua ini merupakan pulau terbesar sekaligus benua terkecil di dunia yang membentang sekitar 3.700 km dari utara ke selatan dan 4.000 km dari timur ke barat, menjadikannya negara terbesar keenam setelah Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, dan Brasil. Tak sedikit yang menyebut Australia sebagai benua “pulau” karena terdiri dari satu negara yang dikelilingi oleh tiga samudra. Canberra merupakan ibu kota negara Australia sekaligus pusat pemerintahan yang terletak sekitar 290 km di selatan Sydney. Canberra yang berasal dari kata Aborigin Kamberra, yang berarti tempat pertemuan, di mana dulunya merupakan tanah adat suku pribumi Ngunnawal.  Nah, berbicara mengenai negara bagian, Australia memiliki 6 negara bagian. Apa sajakah itu?

 

  1. New South Wales menjadi negara bagian tertua dengan jumlah penduduk paling banyak di Australia, di mana pada tahun 2006 memiliki penduduk sekitar 6.817.100 jiwa. Negara bagian yang didirikan pada tahun 1788 memiliki ibu kota Sydney di mana Sydney, Newcastle, dan Wollongong menjadi tiga kota terbesar di New South Wales.
  2. Berbeda dengan New South Wales, Victoria merupakan negara bagian terkecil di Australia, tetapi dengan jumlah penduduk terpadat kedua. Di tahun 2011, negara yang memiliki luas 237.629 km², terletak di bagian tenggara benua Australia dan beribu kota Melbourne. Sebelumnya, Victoria menjadi bagian New South Wales di mana pada 1 Januari 1901 Victoria memisahkan diri. Kota Melbourne disebut sebagai pusat budaya Australia karena menjadi tempat kelahiran film, televisi, seni, tari, dan musik di Australia.
  3. Negara bagian di Australia yang ketiga adalah Queensland yang terletak di daerah timur laut di benua ini. Negara ini memiliki kepadatan penduduk tertinggi ketiga di Australia, di mana pada tahun 2005 terdiri dari 4 juta jiwa. Dengan luas wilayah daratan 1.730.648 km², negara ini berbatasan oleh beberapa laut, sebut saja di bagian timur berbatasan langsung dengan Laut Koral dan Laut Pasifik. Beribukota Brisbane, negara bagian Australia ini lebih banyak mendapatkan sinar matahari dan kehangatan musim dingin dibandingkan dengan negara bagian lainnya.
  4. Negara bagian Australia Selatan memiliki luas  983.482 km², di mana memiliki luas terbesar keempat di benua tersebut. Negara ini terletak di bagian tengah selatan, jadi  berbatasan langsung dengan semua negara bagian di daratan utama dan Teritorial Utara. Adelaide merupakan ibu kota dari negara yang berstatus sebuah provinsi Britania Raya ini. Di tahun 2005 terdapat 1.540.200 jiwa yang menetap di sini sehingga menjadi kota berpenduduk terbanyak kelima di Australia. Australia Selatan disebut sebagai Negara Bagian Festival karena terdapat lebih dari 500 festival yang diadakan setiap tahunnya. Wah, menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi sepertinya.
  5. Australia Barat menjadi negara bagian terluas di Australia. Beribukota Perth, negara bagian ini berpendudukan terbanyak keempat di Australia yang berbatasan langsung dengan Australia Selatan dan Teritori Utara. Pertambangan menjadi salah satu industri terbesar di Australia Barat. Karena bagian timur negara ini masih berupa gurun dan berbatasan langsung dengan hampir 13.000 km garis pantai di bagian barat.
  6. Negara bagian di Australia yang terakhir adalah Tasmania. Negara bagian yang beribukota Hobart ini didirikan pada tahun 1804 dan menjadi ibu kota bagian tertua kedua setelah Sydney. Pada tahun 2005 populasi penduduk berjumlah 484.700 jiwa yang menduduki di wilayah dengan luas 22.357 km2. Kabarnya seperlima dari Tasmania ini merupakan taman nasional dan kawasan hutan belantara dan juga disebutkan bahwa Tasmania memiliki pegunungan terbanyak di dunia.

Di sebelah utara Australia terletak Teritorial Utara, beribu kota Darwin yang terletak di pantai utara. Terdapat pula Alice Springs yang menjadi pusat Australia karena posisinya tepat di titik tengah geografis benua ini. Kamu berniat ke sini? Di Teritorial Utara terdapat banyak tempat wisata, salah satunya adalah Uluru, Kata Tjuta, dan Taman Nasional Kakadu.

Setelah mengetahui negara bagian di Australia kamu pasti tambah mau ke sana? Jika ya, maka segera siapkan paspor dan visa, ya. Selamat jelajahi negara-negara di Australia!

 

Jika kamu juga ingin kuliah di Australia. Yuk, ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Photo Credit : Marxchivist via Compfight cc

Sumber: 1

Ikut International Pathway Program Dari IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG