Keuntungan Kuliah di Luar Negeri | IDS

Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

Sharing is caring!

Apa sih keuntungan kuliah di luar negeri? Kamu dan banyak orang lainnya pasti bertanya-tanya akan hal itu. Artikel berikut ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di luar negeri. Semoga bermanfaat.

 

1.     Keuntungan Financial

Dari segi financial, kuliah di luar negeri bisa jadi memerlukan lebih banyak biaya dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri. Tapi jangan salah, pendidikan adalah investasi. Jika kuliah di luar negeri memang lebih bermutu, apa salahnya jika dicoba. Sambil kuliah pun kamu bisa mulai bekerja paruh waktu untuk menambah uang saku dan pengalaman. Pasalnya, tingkat UMR di kota-kota besar di dunia kadang jauh di atas gaji karyawan perlente berdasi di gedung-gedung ibukota kita.  Jika kamu telah lulus kuliah, kamu bisa meneruskan bekerja di luar negeri dengan gaji standar internasional. Namun bila kamu kembali ke tanah air, kamu juga bisa mencari peruntungan dengan bekerja di negeri sendiri. Biasanya perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan standar gaji lebih tinggi bagi mereka yang lulusan luar negeri.

 

2.     Keuntungan Akademik

Fasilitas pendidikan di luar negeri rata-rata lebih baik daripada di tanah air. Perpustakaannya lebih besar dan memungkinkan kamu mendapatkan referensi sebanyak mungkin untuk riset dan tugas kuliah. Kamu pun akan diajarkan oleh dosen berkualitas yang ahli di bidangnya masing-masing. Banyak juga seminar-seminar yang akan menambah pengetahuan kamu. Dari segi bahasa, kemampuan kamu berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya akan meningkat. Ini sangat membantu dalam perkembangan keilmuan kita selanjutnya. Begitu pula dengan peluang bursa kerja di tanah air yang lebih terbuka. Tidak perlu susah-susah kursus, di luar negeri kita dituntut mempraktikkan bahasa kita.

 

3.     Keuntungan Immaterial

Jaringan koneksi dan kemandirian adalah dua hal immaterial yang bisa kamu dapatkan jika kuliah di luar negeri. Bisa jadi, senior di kampus kamu yang telah sukses akan merekrut kamu kerja. Atau juga, teman kamu sesama orang Indonesia yang sukses di sana bisa jadi jaringan koneksi kamu. Itu penting lho buat masa depan kamu. Kemandirian adalah salah satu keuntungan kuliah di luar negeri. Di negeri orang, kamu harus mandiri karena jauh dari orang-orang yang biasa membantu kamu. Belum lagi, bertemu macam-macam orang dengan latar belakang budaya berbeda, dan dituntut berpikiran terbuka agar bisa menghindari konflik.

Itu tadi keuntungan yang akan kamu dapat jika kuliah di luar negeri. Gimana? Apakah kamu semakin berminat kuliah di luar negeri?

 

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, khususnya di bidang industri kreatif, yuk ikutan International Pathway program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan 2 universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Sumber : 1 2

Image Credit : ISC Orientation Week 2nd Meeting Fall 2011 by Jirka Matousek is licensed under CC BY 2.0

 

Ikut International Pathway Program Dari IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG