Keuntungan Melakukan Persona dan Customer Journey Mapping | IDS

Keuntungan Melakukan Persona dan Customer Journey Mapping

Bagi user experience (UX) designer, melakukan persona dan costumer journey mapping sangat penting dalam proses pembuatan website atau aplikasi. Sebab, dengan melakukan hal itu maka akan mempermudah pengerjaan produk sesuai dengan kebutuhan user atau pengguna. Berikut akan dibahas lebih lanjut hal-hal seputar Persona dan Customer Journey Mapping.

 

Apa Itu Persona Mapping dan Customer Journey Mapping?

personamapping-banner

Persona mapping adalah pemetaan pengguna berdasarkan hasil research kualitatif dan kuantitatif. Pemetaan ini akan menangkap segala tingkah laku pengguna ketika menggunakan suatu produk website atau aplikasi. Data dalam persona mapping ini cukup unik karena tiap pengguna akan memiliki persona yang berbeda satu dengan lainnya.

Hasil dari persona mapping kemudian menjadi data research dalam customer journey mapping. Secara sederhana, customer journey mapping adalah pemetaan interpretasi dari keseluruhan persona mapping para pengguna.

Di dalam customer journey mapping terdapat data mengenai pola penggunaan produk dari para pengguna. Kamu akan mengetahui kebiasaan dan produk apa saja yang biasa digunakan pengguna. Data research itu akan berupa grafik yang mudah dipahami dan diaplikasikan dalam pengembangan produk.

 

Keuntungan Persona & Customer Journey Mapping

customer-mapping

Bagi UX designer, menggunakan persona dan customer journey mapping akan sangat membantu dalam hal pemetaan pengguna sebelum membuat sebuah produk website atau aplikasi. Dengan pemetaan itu, UX designer menjadi lebih mengetahui apa yang dibutuhkan dan diharapkan pengguna akan suatu produk.

Data hasil persona dan customer journey mapping dapat menjadi fokus dalam membuat produk yang mudah dan nyaman digunakan pengguna. Produk yang mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan saat digunakan  tentu akan disukai oleh penggunannya.

Adapun, penggunaan kedua mapping itu akan sangat berguna ketika membuat information architecture (IA), tampilan visual, hingga perencanaan pengembangan produk. Dengan menggunakan data hasil mapping itu, desainer akan memiliki persepsi baru mengenai posisi pengguna saat menggunakan suatu produk.

Bahkan, data dari persona dan customer journey mapping dapat memberikan inspirasi baru perihal fitur tambahan yang harus ditambahkan pada sebuah produk. Bagi tim UX designer, inspirasi itu akan menjadikan produknya lebih baik dari konsep awal pembuatan website atau aplikasi tersebut.

Penggunaan persona dan customer journey mapping oleh UX designer akan mengarahkan produk besutannya menjadi produk yang baik untuk pengguna. Mulai dari mudah diaplikasikan, interaksi yang sesuai dengan harapan pengguna, hingga kekuatan konten yang menarik dan unik. Produk yang baik dalam kacamata UX design adalah produk yang mampu mengakomodir kebutuhan pengguna dalam kontennya.

Bagi kamu yang kini tengah mempelajari lika-liku UX design, ada baiknya memahami persona dan customer journey mapping. Dengan begitu, kamu dapat membuat sebuah web atau aplikasi yang baik bagi pengguna produkmu.

So, kalian yang mau belajar lebih dalam seputar UX tapi masih bingung di mana? IDS | International Design School punya program belajar seputar UX loh! Di sini kamu akan diajarkan seputar market research, design thinking, membuat wireframe dan prototype, dan masih banyak lainnya. Selengkapnya bisa kalian cek di sini!

 

Source:

1 2 3 4

 

Source Pictures:

1 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG