Manfaat Menggunakan Moodboard - IDS | International Design School

Manfaat Menggunakan Moodboard

Eater_Global38-Moodboard-1.1-BHB.0

 

Mencari inspirasi sebelum atau saat proses mendesain adalah fase yang penting bagi desainer. Wadah yang terkonsep dan mampu menampung ide kreatif secara metodis dapat membantu kamu untuk meningkatkan kualitas akhir desain. Variabel seperti font, warna, icon dan pola gambar dapat memanjakan matamu sekaligus menandakan referensi dan arahan.

Mood board bisa menjadi alat bantu kamu dalam menuangkan imajinasi sebelum mulai bekerja. Terdapat dua cara dalam membuat moodboard yakni secara fisik dan digital. Baik untuk pekerjaan kolaboratif maupun individu, moodboard adalah media yang digunakan untuk memuluskan transisi dari ide mentah menuju draft desain pertama.

IDS telah menyiapkan beberapa aspek yang dapat dimudahkan jika kamu menggunakan moodboard sebelum mulai mendesain. Mari disimak!

 

Memberikan Rekaan Kepada Klien

Komunikasi antara pihak desainer dengan klien memainkan peran penting dalam proses mendesain. Klien memiliki hak untuk memantau dan memberi masukan kepada desainer mengenai karya yang mereka pesan. Sayangnya, tidak adanya pengertian mengenai perspektif dari kedua belah pihak mengenai bagaimana desainnya harus dibuat tidak jarang menghadirkan friksi.

Mood board memberikan gambaran kepada klien tentang visi pribadi desainer, bagaimana cara dia mengintegrasikan visinya dengan keinginan klien dan menghindari miskomunikasi yang diakibatkan oleh komunikasi yang sepenuhnya verbal.

 

Mengorganisir Ide

Menuangkan inspirasi bisa menghasilkan kumpulan referensi yang abstrak, rapi atau apapun itu yang disukai desainer. Meskipun begitu, buah pikiran yang ditempelkan di sebuah papan atau layar komputer dan disusun membantu desainer. Salah satu contoh praktisnya adalah desainer dapat mencoba berbagai style dalam mendesain dan menyertakan elemen-elemen desain lainnya. Dengan demikian, disaat desainer mulai mendesain, ia telah mengetahui apa yang diinginkan dan tidak inginkan.

 

Memberikan Kesempatan untuk Bereksperimen

Satu hal yang patut diingat; Hal yang kamu taruh di moodboard tidak harus sempurna atau bahkan dipertimbangkan untuk digunakan. Mencoba hal-hal baru adalah cara ampuh bagi desainer untuk berkembang. Beruji coba dengan warna, kontras, gambar dan huruf tidak hanya dapat membantu kamu untuk mendesain project yang kamu kerjakan sekarang, namun memberikan inspirasi untuk pekerjaan di masa mendatang.

 

Demikian ulasan mengenai keuntungan menggunakan moodboard dari IDS | International  Design School. Apakah kamu memiliki minat untuk mendalami dunia desain lebih dalam lagi? Daftarkan dirimu ke program International College IDS | International  Design School sekarang juga! Dengan durasi perkuliahan singkat selama 20 bulan dan bimbingan dosen-dosen yang masih aktif dalam dunia kreatif, kamu dapat segera terjun ke dunia kreatif profesional dengan kemampuan yang sudah mumpuni.

 

Source:

1 2 3 4

 

Photo Source:

1 2 3

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. ปั้มไลค์ - August 16, 2019 - 2:20 pm #

    Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

DAFTAR SEKARANG