Kuliah Sambil Bekerja di Luar Negeri, Australia | IDS

Kuliah Sambil Bekerja di Luar Negeri, Australia

Sharing is caring!

Kamu memiliki rencana atau sudah kuliah di negeri kangguru, Australia? Tak ada salahnya jika kamu juga bekerja di sana. Hitung-hitung membantu tanggungan orang tua dan juga dengan belajar sambil bekerja, pengalamanmu akan bertambah. Apalagi biaya hidup yang tak murah membuat kamu juga harus kreatif dalam mendapatkan uang. Sebut saja  biaya Hostel dan Guesthouse – yang berkisar $80 – $135 per minggu, atau Asrama sekolah – $10,000 – $20,000 setahun. Belum lagi biaya lain seperti makan $80 – $200 per minggu, transportasi umum – $10 – $50 per minggu, dan biaya senang-senang berkisar $50 – $100 per minggu. Bisa dibayangkan bukan berapa banyak yang harus kamu keluarkan?

Nah, satu-satunya untuk memenuhi biaya itu dan lainnya adalah dengan cara bekerja. Bekerja di luar negeri, khususnya di Australia ini sebenarnya tak sulit. Ada beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai yang kamu inginkan. Sebut saja ritel, seperti di supermarket, department store dan toko pakaian atau makanan seperti restoran, kafe, atau bar. Kamu juga bisa bekerja sesuai dengan bidang kuliahmu, anggap saja kamu kuliah di jurusan pariwisata yang bisa membuatmu kuliah sambil bekerja di hotel atau motel, sebagai telemarketing, atau bahkan bimbingan belajar. Asah-asah ilmu kemudian mendapatkan uang.

Di Australia, jika kamu masih kuliah maka akan diizinkan bekerja sampai 40 jam setiap dua munggu atau jam yang tak terbatas pada saat libur kuliah resmi. Tak hanya bekerja fulltime, kamu juga bisa mengikuti program magang. Namun, biasanya magang di Australia kebanyakan sama di Indonesia, ada yang dibayar dan ada yang tak dibayar. Tapi dengan mengikuti magang sebenarnya akan tetep menguntungkanmu. Kamu jadi tahu bagaimana iklim kerja di sana sehingga kamu tak kaget begitu masuk ke industri yang sesungguhnya.

Jangan lupa untuk mengikuti organisasi karena Australia memiliki segudang organisasi, baik pemerintah ataupun nonpemerintah (LSM). Ikuti organisasi tersebut karena mereka biasanya membutuhkan banyak relawan untuk program-program mereka. Di sana juga kamu akan bertemu banyak teman dan bisa mendapatkan pengalaman dalam organisasi dan tak lupa kamu juga bisa memberi sumbangsih kepada masyarakat di sana.

Bagaimana? Jenis pekerjaan seperti apa yang akan kamu pilih? Jika kamu ingin bekerja sambil kuliah, jangan lupa untuk terus aktif dalam mencari pekerjaan yang cocok. Kamu bisa mencari di koran atau website. Tak hanya itu, banyak lembaga pendidikan yang menyediakan lowongan di papan pengumuman di kampus dan daftarkan diri di perusahaan karena mereka dengan senang hati menolong kamu yang ingin bekerja full time atau freelance.

Kamu mau kuliah di Australia? Kamu bisa ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

 

Sumber: 1 2
Mau Kuliah di Australia? IDS Menyediakan International Pathway Program, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG