Kumpulan Filmmaker Internasional Berdarah Tiongkok Paling Berpengaruh di Era Modern - IDS | International Design School

Kumpulan Filmmaker Internasional Berdarah Tiongkok Paling Berpengaruh di Era Modern

Terhalang oleh gemerlapnya cahaya karya-karya produksi Hollywood, banyak filmmaker handal dari belahan dunia lain, contohnya benua Asia, yang terabaikan oleh masyarakat luas. Padahal, hasil kerja mereka tak kalah kualitasnya dengan motion picture yang diproduksi oleh nama-nama tenar yang berasal dari dunia barat.

Film-film seperti Shaolin Soccer, Once Upon a Time in China dan Crouching Tiger, Hidden Dragon tentu sudah tidak asing lagi di kalangan penikmat film. Meskipun begitu, apresiasi masyarakat luas yang diberikan kepada insan perfilman asal Asia masih belum menyamai bagusnya kinerja mereka.

Dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek 2019, IDS | International Design School telah menyusun nama-nama filmmaker yang berdarah Cina yang memiliki andil besar dalam perkembangan dunia film baik dalam cakup internasional dan regional. Mari kita simak.

 

  1. Ang Lee

anglee

 

Pria yang lahir di Taiwan pada 23 Oktober 1954 ini memang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya. Meskipun namanya tidak seterkenal nama-nama box office seperti  Christopher Nolan atau Quentin Tarantino, Ang Lee telah menyabet tiga gelar Oscar di tiga film yang berbeda yakni Crouching Tiger, Hidden Dragon, Life of Pie dan film kontroversial Brokeback Mountain.

Ang Lee, yang merupakan lulusan sekolah perfilman di New York, mulai dilirik oleh penikmat film pada awal 1990an lewat karya-karyanya seperti The Wedding Banquet dan Eat Drink Man Woman. Sempat menganggur selama kurang lebih 6 tahun karena tidak ada proyek produksi film yang meliriknya, berkat dukungan istri dan keluarganya, Ang Lee tidak melepas aspirasinya agar bisa menjadi filmmaker handal.

Film garapan Ang Lee selanjutnya yang berjudul Gemini Man akan dirilis pada Oktober 2019 mendatang dan dibintangi oleh Will Smith, Clive Owen dan Mary Elizabeth Winstead. Patut ditunggu bila film yang sedang digarap ini dapat menyamai kualitas karya-karyanya yang terdahulu.

 

  1. John Woo

John Woo

 

Meskipun lahir di Cina daratan, pria berusia 72 tahun ini lebih identik dengan industri film Hong Kong.  Namanya mulai naik daun di kancah perfilman internasional setelah ia mensutradarai  dan menulis The Killer, film thriller asal Hong Kong, pada tahun 1989.

Woo juga telah memiliki jam terbang tinggi di Hollywood. Film-film yang disutradarainya di belahan dunia barat seperti Face/Off dan Mission: Impossible 2 (MI2) diterima dengan baik oleh kritik dan penggemar seantero dunia. Pria yang terlahir dengan nama Wu Yu-seng ini juga tercatat pernah berkolaborasi dengan aktor-aktor ternama Hollywood seperti Tom Cruise, John Travolta, Christian Slater dan Ben Affleck

Pada medio 2008 silam, John Woo memutuskan untuk kembali berkarya di Asia dan karyanya pertamanya sejak “kepulangannya” yakni Red Cliff Part I dan II meraih kesuksesan dari segi pendapatan dan reaksi dari kritikus serta fans. Hingga saat ini, Woo masih terus berkarya di kancah perfilman Asia.

 

  1. Tsui Hark

346d34ae-0fab-11e7-9af0-a8525e4e6af4_1320x770_165909

 

Dilahirkan di Saigon, Vietnam oleh keluarga keturunan Cina, Hark mulai menunjukkan ketertarikan di dunia perfilman sejak berusia 10 tahun. Setelah keluarganya memutuskan untuk pindah dan bermukim di Hong Kong, Hark memutuskan untuk meniti karir di dunia perfilman. Ia kemudian berangkat ke Texas, Amerika Serikat untuk belajar di kampus perfilman.

Pria berusia 68 tahun ini terkenal dengan gaya filmmakingnya yang menggabungkan elemen bela diri, penceriteraan ala Asia dan special effects seperti film-film Holywood. Hark juga merupakan seorang produser film. Salah satu film tersukses yang ia produseri ialah The Killer, dimana ia berkolaborasi dengan sutradara legendaris John Woo.

Film-film paling ternama karya Hark antara lain  Once Upon A Time in China, The Blade dan A Chinese Ghost Story direspon secara positif oleh penikmat film internasional pada periode rilis dan mendongkrak popularitasnya. Hark juga sempat mencoba peruntungannya di kancah film Hollywood  dengan karya-karya seperti Double Team dan Black Mask 2.

 

Nah, demikian list sutradara berdarah Tiongkok modern paling influential dari IDS | International Design School. Semoga dapat memberikan wawasan kepada para pembaca akan kualitas filmmaker asal benua Asia yang tidak kalah dengan mereka yang berkarya di belahan dunia barat. Jika ada nama-nama yang kamu rasa perlu diapresiasi juga, silakan komentar di kolom dibawah ini.

Source:

1 2 3

Photo Source:

1 2 4

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.