Langkah-langkah Studi di Australia | Kuliah di Australia

Langkah-langkah Studi di Australia

Sharing is caring!

Banyak pelajar Indonesia yang ingin sekali melanjutkan studi di Australia. Selain karena Australia memiliki jarak yang relatif dekat dengan Indonesia, Australia juga memiliki kurikulum pendidikan yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan terbaik serta mempersiapkan mahasiswa untuk langsung terjun di dunia kerja.

Berikut ini IDS akan mengulas langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika ingin studi di Australia.

 

  1. Menentukan Jurusan & Universitas

Langkah pertama adalah mencari daftar universitas yang tersedia di Australia. Banyak website yang menyediakan informasi tentang beberapa universitas unggulan di Australia. Tidak hanya menyediakan informasi mengenai perkuliahannya, beberapa website juga menyediakan informasi lengkap atau panduan untuk calon mahasiswa yang akan kuliah di Australia seperti, biaya kuliah, biaya hidup, beasiswa, syarat-sarat penerimaan serta tempat tinggal mahasiswa nantinya.

  1. Konsultasi Pendidikan

Melakukan konsultasi pendidikan. Carilah konsultan pendidikan profesional yang dapat memberikan arahan dan menjadi perwakilan universitas pilihanmu. Nantinya kamu juga akan dibantu untuk mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran berikut formulir pendaftaran, dan kemudian membantumu mengirimkannya ke institusi pendidikan yang telah kamu pilih.

  1. Mendapat Letter of Offer & Placement

Jika kamu sudah positif diterima, maka institusi akan menerbitkan Letter of Offer atau juga bisa disebut surat penawaran. Jika kamu menyetujui penawaran tersebut, maka kamu harus mengirimkan biaya kuliah, biaya asuransi kesehatan, serta administrasi pendaftaran dan akomodasi ke universitas yang telah kamu pilih untuk mendapatkan Letter of Placement.

  1. Membuat Student Visa

Setelah universitas menerima pembayaran, kamu akan menerima Confirmation of Enrolment (CoE) sebagai bukti konfirmasi bahwa kamu telah terdaftar di universitas dan jurusan yang kamu inginkan. CoE ini akan digunakan sebagai persyaratan utama untuk permohonan visa pelajar ke Australia.

  1. Konfirmasi Tiket Penerbangan, Akomodasi dan Penjemputan

Untuk pengurusan tiket penerbangan, tempat tinggal dan penjemputan di Australia, kamu akan dibantu oleh konsultan pendidikan. Sedangkan khusus untuk penjemputan, akan dilakukan sendiri oleh universitas pilihanmu.

  1. Orientasi Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru akan diberikan orientasi tentang kehidupan di kampus serta hal-hal penting lainnya. Mahasiswa Indonesia juga diharapkan untuk melapor ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Australia (KBRI) dan ikut serta menjadi anggota Persatuan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA)

 

Nah, itu tadi langkah-langkah studi di Australia yang harus kamu lakukan, jika kamu ingin melanjutkan kuliah di Australia. Untuk kamu yang ingin kuliah di Australia dengan biaya yang lebih murah dan terjangkau, serta proses yang lebih mudah, kamu dapat kuliah terlebih dulu di IDS | International Design School selama 1,5 tahun, dan melalui International Pathway Programkamu dapat melanjutkan kuliah di Griffith University atau JMC Academy untuk mendapatkan gelar Bachelor.

 

Sumber: 1 2
Image Credit: Sydney Harbour, Australia by kevgibbo is licensed under CC BY 2.0

 

Kamu ingin Studi di Australia? Tunggu Apa Lagi? Yuk Ikuti International Pathway Program IDS! Klik Info di Sini..

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG