Langkah Pertama dalam Mendesain User Experience (UX) - IDS | International Design School

Langkah Pertama dalam Mendesain User Experience (UX)

Saat ingin memulai mendesain user experience (UX) tentunya ada langkah pertama yang harus kamu lakukan. Langkah itu akan menjadi pondasi awal proses pembuatan produk website atau aplikasi. Untuk itu, kamu harus mengetahui apa langkah pertama dalam mendesain UX produkmu, agar lebih mudah memulai langkah dalam mendesain produk website atau aplikasi. Lantas, apa saja langkah-langkahnya? maka kita simak informasi berikut!.

 

1. Tetapkan Visi Produkmu

1

Sebelum memulai berbagai proses pembuatan sebuah website dan aplikasi, hal utama yang harus dilakukan ialah menentukan visi pembuatan produk tersebut. Untuk apa produk itu dibuat, kepada siapa produk itu akan dipasarkan, hingga seperti apa kemungkinan pengembangan ke depannya.

Tanpa adanya visi yang jelas maka pembuatan website ataupun aplikasi tidak akan mendapatkan perhatian dari para users atau pengguna. Oleh karena itu, penting kiranya kamu sudah menentukan visi pembuatan produk website atau aplikasi yang akan dibuat.

 

2. Membuat Strategi Awal

 

2

Setelah menemukan visi, seorang desainer UX harus memiliki strategi pembuatan produknya. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan strategi ini, yaitu user needs dan business goals.

User needs adalah kebutuhan pengguna akan suatu produk web atau aplikasi. Desainer UX sudah harus memetakan apa yang dibutuhkan seorang pengguna atas produk yang akan dibuatnya. Elemen apa saja yang harus ada dalam produk tersebut sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan mudah.

Lalu, business goals merupakan tujuan atau value dari produk bagi perusahaan, organisasi, ataupun klien yang menggunakan jasa desainer UX. Penetapan tujuan harus ada sebelum kamu membuat produk website ataupun aplikasi agar setiap proses pembuatan produk itu tidak sia-sia dan sesuai dengan tujuan awal pembuatannya.

Kedua hal itu harus kamu pikirkan saat membuat strategi awal pembuatan produk. Dengan begitu, arah proses pembuatan produk menjadi jelas.

 

3. Kembangkan Ide Produk

3

Setelah menentukan visi dan strategi, maka langkah yang harus dilakukan ialah mengembangkan ide produk. Ide itu haruslah berkaitan dengan visi dan strategi yang telah dibuat.

Untuk mengembangkan ide produk, ada baiknya kamu membaca beberapa referensi terkait tren produk website dan aplikasi yang ada. Dengan melakukan itu, kamu bisa mengembangkan ide dengan lebih fokus sesuai dengan visi dan strategi awal pembuatan produk.

 

4. Lakukan Research

4

Keberhasilan suatu UX design ialah pada kepuasan dan kemudahan pengguna menggunakan produk website ataupun aplikasi yang telah dibuat. Untuk itu, seorang desainer UX harus melakukan research perihal lingkup produk yang akan dibuatnya.

Research yang dilakukan tentunya harus berbasis pada pengguna. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan UX Tools atau berbagai metode research yang ada. Pastikan data yang kamu peroleh dari hasil research diaplikasikan pada produk besutanmu. Dengan begitu, produkmu akan mampu menjawab ekspektasi penggunanya.

Nah, itu dia beberapa langkah pertama yang harus dilakukan dalam mendesain UX. Dengan melakukan beberapa langkah tersebut, produk website dan aplikasi dapat menarik minat penggunanya dan tentunya kamu sebagai UX designer akan puas melihat keberhasilan produkmu.

So, apakah kamu jadi tertarik untuk belajar seputar UX? IDS | International Design School punya program belajar seputar UX loh! Di sini kamu akan diajarkan seputar market research, design thinking, membuat wireframe dan prototype, dan masih banyak lainnya. Selengkapnya bisa kalian cek di sini!

 

Source:

1 2 3 4

Source pictures:

1 2 3 4

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG