Lanjutkan Pendidikan di Luar Negeri - IDS | International Design School

Lanjutkan Pendidikan di Luar Negeri

Indonesia memang memiliki banyak universitas yang masuk dalam jajaran terbaik di dunia, sebut saja Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada. Dari sekian banyak universitas di Indonesia, ternyata masih banyak kawula muda yang berniat melanjutkan pendidikannya selepas Sekolah Menengah Atas di luar negeri. Kesempatan kuliah di luar negeri terbilang cukup besar. Dari lima benua yang ada, mereka akan menemukan banyaknya kesempatan mengenyam pendidikan, dari yang mahal, murah, bahkan gratis.

Ketertarikan pelajar Indonesia dapat dilihat dari angka statistiknya. Di tahun 2011, terdapat 10 negara yang menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia. Malaysia, Singapura, dan Australia menduduki tiga negara tujuan utama ketika ingin melanjutkan pendidikan. Mungkin, jarak yang tidak begitu jauhlah yang dijadikan salah satu alasan mereka. Singapura menjadi pilihan utama dengan 21.403 pelajar. Malaysia menjadi tujuan kedua pelajar Indonesia dengan jumlah 15.000 pelajar. Kuliah di Australia menjadi pilihan selanjutnya dengan 11.000 pelajar.

Info: IDS | International Design School memiliki International Pathway Program, di mana kamu akan mendapatkan gelar Bachelor dari universitas di Australia, setelah belajar di IDS selama 1 tahun.

Universitas Al Azhar di Mesir merupakan pusat studi Islam terbesar di dunia, hal inilah yang membuat sekitar 5.000 pelajar Indonesia mengenyam pendidikan di sana. Lebih dari 2.500 pelajar Indonesia melanjutkan pendidikannya di Jerman karena di sana sudah terbukti kualitas pendidikan teknologinya. Jepang menjadi pilihan selanjutnya dengan jumlah sekitar 1.500 pelajar, ternyata sudah banyak yang mendapatkan beasiswa dari Negeri Matahari Terbit ini. Negara Belanda pun ternyata masuk dalam jajaran negara favorit untuk pendidikan bagi pelajar Indonesia. Terbukti terdapat sekitar 1.450 pelajar Indonesia berada di sana dan ternyata pelajar Indonesia merupakan pelajar asing kelima terbesar di Belanda! Amerika, Inggris, dan Cina pun ternyata masuk ke dalam jajaran negara tujuan.

Memutuskan belajar di luar negeri merupakan pilihan yang bijaksana. Pengalaman belajar dan tinggal di luar negeri tentu akan memberikan banyak keuntungan dan nilai tambah dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif. Memang, biaya hidup di luar negeri masih terbilang cukup besar, tetapi ada beberapa negara yang memberikan kesempatan belajar dengan waktu yang singkat. Bisa dibayangkan bukan, waktu yang singkat tentunya akan menekan biaya yang dikeluarkan selama di sana. Di Australia—sebagai salah satu negara tujuan pelajar Indonesia—terdapat program diploma. Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan ke sana, harus melalui program itu. Tahapan yang dimaksud adalah semacam program kursus atau pelatihan yang akan mengantarkan pelajar secara otomatis menuju jenjang perkuliahan di tahun kedua di universitas. Jadi, program diploma itu setara dengan perkuliahan di tahun pertama. Program diploma tersebut merupakan bagian dari Pathway Program. Keunggulan dari Pathway Program adalah biaya lebih terjangkau jika dibandingkan biaya tahun pertama di universitas.

Tak hanya dari segi waktu yang singkat dan biaya murah, terdapat banyak manfaat yang bisa kamu temukan jika belajar di negeri orang, di antaranya:

1.   Mandiri

Belajar di luar negeri membuat kamu akan jauh dari kerabat dan keluarga. Di sana kamu akan belajar mandiri, mengatur semuanya sendiri. Dari mengatur tempat tinggal, masalah jadwal, bahkan mungkin konflik yang bisa saja kamu alami.

2.   Practice Your English

Di luar negeri, kamu harus terbiasa berbicara bahasa Inggris. Tidak hanya sekadar english, tetapi juga academic english baik lisan maupun tulisan. Karena dengan hanya memiliki nilai TOEFL yag tinggi, enggak menjamin kamu pandai berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

3.   Memahami Budaya Asing

Untuk kamu yang berminat belajar di luar negeri, menjadi kesempatan kamu untuk memahami budaya asing, tuh. Jangan hanya belajar saat kamu  di sana. Manfaatkan waktu untuk mengenal budaya mereka dari mulai tingkah laku, aturan, kebiasaan, tata bahasa, bahkan tempat wisata yang ada di sana. Salah satu kunci untuk bisa sukses belajar di sana adalah kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan. Namun, ingat ya, tetap menerapkan jati diri kamu sebagai bangsa Indonesia. Jangan sampai kebawa arus.

4.   Lingkungan belajar berbeda

Percaya deh, kalau lingkungan belajar dari setiap negera berbeda. Nah, belajar di luar negeri membuat kita memiliki lingkungan akademik yang (mestinya) lebih keras, displin, dan berkualitas jika dibadingkan dengan Indonesia. Bisa jadi salah satu pengalaman untuk kamu.

5.   Duta Bangsa

Ketika kamu belajar di luar negeri, tanpa disadari kamu sedang membawa nama Indonesia. Teman-teman dari negara lain akan melihat bagaimana kepribadian kamu dan mungkin ada beberapa yang ingin mengetahui budaya Indonesia. Kamu secara tidak langsung menjadi duta bangsa Indonesia. Maka dari itu, buatlah kesan yang baik di sana, agar nama Indonesia bisa mendapat apresiasi yang baik.

6.   Karier

Berkenalan dengan penduduk dari beberapa negara bisa menjadikan salah satu peluang kamu dalam berkarier. Koneksimu tidak hanya dari Indonesia saja, tetapi dari banyak negara. Namun, tetap ya, kamu harus belajar yang benar agar prestasi kamu gemilang di sana dan membawa baik namamu sendiri.

Setelah melihat banyaknya manfaat belajar di luar negeri, yakin tetap mau mengenyam pendidikan di Indonesia saja? Memang, tidak mudah menentukan negara mana yang akan dipilih. Namun, selama kamu tahu keunggulan masing-masing di setiap negara, akan mempermudah kamu menentukan pilihan.

Sumber: 1 2 3
Photo Credit: Unhindered by Talent via Compfight cc

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Bayu - May 30, 2016 - 10:49 am #

    Banyak sekali manfaat baru yang bisa kita dapatkan. Pengalaman yang mungkin tidak bisa kita dapatkan di sini. Menarik sekali, tapi cara mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri juga terbatas ya jika tidak punya biaya.

DAFTAR SEKARANG