Macam-Macam Fotografi Unik yang Bisa Kamu Pelajari

Macam-Macam Fotografi Unik yang Bisa Kamu Pelajari

Sharing is caring!

Fotografi menjadi hal yang sangat akrab dengan kita sekarang ini. Banyak orang mempelajarinya, baik secara otodidak atau pun melalui pembelajaran formal. Nyatanya fotografi tak sesempit yang kita pikirkan dan ketahui. Ada banyak macam-macam fotografi unik yang bisa kamu pelajari dan kamu gali. Mau tahu apa saja macam-macam fotografi yang unik tersebut? Check this out!

 

1. Aerial Photography

Fotografi Aerial dapat didefinisikan sebagai suatu pandangan benda dari atas. Aerial sering dipergunakan dalam pembuatan denah, peta, survey, kontruksi atau bahkan untuk tujuan militer. Dalam pengambilannya biasanya perlu menggunakan pesawat, parasut, atau remote control khusus.

2. Chrono Photography

Seperti namanya, fotografi jenis ini adalah fotografi yang menangkap gerakan dari waktu ke waktu melalui serangkaian gambar diam. Biasanya akan digabungkan menjadi satu kesatuan untuk analisis berikutnya.

3. Fine Art Photography

Fine Art mengacu pada genre fotografi yang didedikasikan untuk tujuan murni estetika semata. Berkaitan dengan penyajian benda-benda yang indah atau bisa jadi biasa namun dengan cara yang berbeda untuk menyampaikan emosi. Biasanya dilakukan untuk memenuhi visi kreatif para seniman, yang kadang berlawanan dengan foto jurnalistik dan komersial. Umumnya Fine Art banyak menghiasi galeri dan museum.

4. Underwater Photography

Seperti namanya, ini adalah fotografi dalam air. Biasanya digunakan oleh penyelam atau snorkel. Sayangnya dibutuhkan biaya mahal untuk sekali memotret di bawah air. Baik untuk alat selam, peralatan penunjang lainnya, serta kamera. Karena kameranya pun berbeda dengan kamera yang umum digunakan.

5. Forensic Photography

Fotografi Forensic adalah seni yang menghasilkan reproduksi atau keakuratan dari TKP untuk kepentingan pengadilan, yang dapat membantu penyelidikan. Fotografi jenis ini menuntut kita untuk memilih pencahayaan dengan benar dan mengungkap suatu gambar dengan sudut pandang yang berbeda.

6. Balistik Photography

Fotografi ini adalah jenis fotografi yang berhubungan dengan pengambilan foto peluru yang melesat dari pistol atau tembakan peluru yang menembus targetnya masing-masing. Fotografi ini menuntut kita untuk menguasai teknik pengambilan foto dengan kecepatan tinggi. Seperti halnya fotografi khusus yang lain, Balistik membutuhkan seperangkat peralatan tertentu seperti flash berkecepatan tinggi dan pemicu yang dapat menyelaraskannya.

7. Infrared Photography

Fotografi jenis ini mengacu  pada jenis fotografi di mana foto yang diambil sensitif terhadap cahaya infra merah. Biasanya fotografer menggunakan filter yang melewatkan panjang gelombang inframerah menuju sensor dan menghasilkan sebuah foto. Panjang gelombang untuk foto biasanya adalah 400-700 nn (nano meter), sedangkan infrared mempunyai panjang gelombang 700-1200 nn. Hasil fotonya bisa menjadi foto hitam putih yang kontras, false color atau seperti foto dari dunia lain yang berbeda.

 

Nah, itu tadi berbagai macam fotografi unik yang bisa kamu pelajari lebih dalam. Jadi berbeda itu asik kok. Kamu ingin belajar teknik fotografi lebih dalam lagi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi lho. Kamu juga bisa mendalami skill fotografimu serta mendapatkan gelar Bachelor di universitas terbaik di Australia melalui program International Pathway di IDS.

 

Sumber : 1 2
Image credit : bloody-hand-print.jpg by r. nial.bradshaw is licensed under CC BY 2.0

 

Mau mendalami dunia fotografi dan menjadi fotografer handal? Jadikan mimpimu sebagai seorang fotografer menjadi kenyataan dengan Kursus Fotografi di IDS. Klik di Sini!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG