Manfaat Mengikuti Kegiatan Saat Masa Liburan | IDS

Manfaat Mengikuti Kegiatan Saat Masa Liburan

Selama liburan nanti sudah ada rencana kegiatan? kalau belum ayo sekarang cari kegiatan untuk liburan. Sebetulnya liburan untuk tubuh itu baik akan tetapi akan ada manfaat lebih saat liburan kita melaksanakan kegiatan.

Kegiatan selama liburan sekolah atau kuliah dapat memberikan kesegaran untuk tubuh dan otak, selama banyak belajar di sekolah atau dikampus. Kalau selama ini kegiatan liburan kita lebih banyak bersenang-senang atau malah bermalas-malasan, akan lebih baik lagi kalau selama liburan diisi dengan kegiatan untuk menumbuh kembangkan bakat,hobi dan kreatifitas.

Kita bisa melakukan kegiatan sosial, melakukan hobi kita ,berkemah, mengikuti kursus tambahan dan lainnya, karena ada 6 manfaat yang bisa ditumbuhkan dalam diri seseorang, yaitu :

1.Menumbuhkan Keberanian

Melatih keberanian anak atau seseorang untuk menjadi seorang pemimpin atau setidaknya berani untuk dipimpin secara baik.

2. Melatih Kemandirian dan Disiplin

Sebisa mungkin kita akan belajar menjaga barang-barang yang kita bawa, mengemas barang-barang kembali setelah digunakan dan melakukan kegiatan untuk kebutuhan dirinya secara mandiri tanpa bergantung orang tua dan pembantu yang ada dirumah.

3. Melatih agar bisa Beradaptasi pada Lingkungan Baru

Mengajarkan seseorang mengenali lingkungan baru di sekitarnya dan mengenal teman-teman barunya yang mungkin berasal dari sekolah-sekolah lain yang ikut serta dalam kegiatan yang sama.

4.Mengajarkan Seseorang Menghadapi Tantangan dan Menyelesaikan Masalah

Seperti contoh kegiatan berkemah para instruktur biasanya telah menyiapkan beberapa simulasi yang dikemas dalam bentuk permainan beregu. Dari simulasi-simulasi itu akan diminta menyelesaikan tahap demi tahap tantangan secara baik. Yang berhasil melewati tantangan akan dipilih sebagai pemenang. Simulasi-simulasi itu akan membuat seseorang tertantang memikirkan bagaimana menemukan jalan keluar menyeleaikan tahapan demi tahapan permasalahan dengan baik agar menjadi seorang pemenang.

Kalau seperti kegiatan lainnya diajarkan bagaimana dikasih suatu tugas untuk dikerjakan semaksimal mungkin. Ini akan membantu seseorang terlatih untuk menghadapi tantangan bila bekerja di suatu tempat.

5.Menumbuhkan Semangat Gotong Royong dan Musyawarah

Bertemu dengan orang banyak, bekerja sama dan menghadapi bersama setiap ada masalah tentu akan menumbuhkan rasa gotong royong dan musyawarah dalam setiap diri seseorang.

6.Melatih Mengendalikan Emosi dan Ego yang Berlebihan

Dalam setiap kegiatan, setiap orang dilatih untuk mengendalikan emosi dan ego yang dimilikinya. Emosi dan ego disini bisa berupa perasaan takut yang berlebihan, perasaan rindu orang tua berlebihan, perasaan ingin menguasai sesuatu secara berlebihan hingga perasaan kepemimpinan yang terlalu berlebihan. Semua hal harus dilakukan seseorang berdasarkan kewajaran dan kesabaran. Kesabaran untuk mengendalikan emosi dan ego juga perlu ditingkatkan karena mempersiapkan mental seseorang saat bekerja disuatu perusahaan nantinya.

Itu dia 6 manfaat bila kita mengikuti kegiatan lebih saat masa liburan. Gak rugi kan, bisa refreshing sekaligus mengembangkan potensi diri. Dalam masa liburan ini IDS juga membuka Program Holiday untuk kamu siswa SMP dan SMA serta Kursus Kreatif yang bisa diikuti juga oleh para mahasiswa.

Tunggu apalagi daftar sekarang juga supaya liburan kamu bermanfaat.

Sumber : 1 2 3

 

Photo Credit: Tourism Fiji via Compfight cc

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG