Mari Kenali Profesi Computer Graphic - IDS | International Design School

Mari Kenali Profesi Computer Graphic

Komputer pada awalnya digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik dan lainnya. Seiring dengan perkembangannya, komputer mulai digunakan untuk eksperimentasi artistik pada pertengahan 1960-an. Banyak komputer grafis yang melibatkan penggambaran 2D. Perkembangan teknologi yang semakin signifikan, menyebabkan animasi komputer semakin berupaya untuk membuat gambar 3D yang kian realis.

Dalam dunia animasi, seseorang yang memiliki kemampuan dan bertanggung jawab menampilkan data seni gambar secara efektif dan bermakna disebut sebagai computer graphic (CG) artist. CG artist menciptakan aset gambar 2D dan 3D yang digunakan dalam pengembangan film animasi digital dan video game. Seorang CG artist menciptakan karya yang seimbang antara kepekaan artistik dan pemanfaatan teknologi.

design 2

 

Selain terampil menciptakan karya seni digital 2D dan 3D, seorang CG artist juga bisa  menjadi spesialisasi dalam pemodelan permukaan keras, pemodelan organik, render arsitektur, animasi, atau visual effect. CG artist juga mencakup orang-orang yang memiliki kemampuan dalam memanipulasi cahaya, efek, warna, tekstur, dan menghidupkan karakter.

Dalam pengembangan game, seorang CG artist bekerja sama dengan tim pemrograman untuk memastikan bahwa model dan aset 3D yang diciptakan tim artistik sesuai dengan dengan kebutuhan dalam game engine.  Profesi CG artis saat ini menjadi profesi yang bisa dikatakan sexy karena besarnya peluang karir bagi para orang-orang kreatif di industri animasi. Seorang CG artist sering memulai karirnya dari sekolah animasi, disiplin seni, atau ilmu komputer. Tidak sedikit CG artis Indonesia yang sukses berkarir di studio besar dunia seperti Marvel, Blizzard Entertainment, DreamWorks Animation,  dan mengambil peran penting dalam pengolahan visual effect film-film Hollywood. Selain itu, seorang CG artist juga bisa mendirikan studio animasi sendiri yang memproduksi animasi kebutuhan iklan, televisi, ataupun film layar lebar. Profesi inipun sekarang mulai banyak digandrungi oleh para pelaku kreatif desain dan animasi.

Kamu juga bisa memulai karir sebagai seorang CG artis dengan mengikuti program college atau short course di IDS | International Design School.

Posted in: Articles