Memaksimalkan Teknologi, Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan VR (Virtual Reality) di Berbagai Bidang - IDS | International Design School

Memaksimalkan Teknologi, Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan VR (Virtual Reality) di Berbagai Bidang

Maksimalkan Teknologi, Begini Penggunaan Virtual Reality di Berbagai Bidang

Di era modern ini, penggunaan teknologi sudah semakin bervariasi dan luas hingga menjadi urat nadi di banyak aspek kehidupan. Salah satu teknologi yang berkembang cepat dan mulai banyak digunakan di kehidupan sehari – hari adalah virtual reality.

Seperti namanya, virtual reality adalah realitas maya dengan penggambaran mendekati keadaan yang sebenarnya. Dalam virtual reality, seseorang bisa berinteraksi dengan lingkungan atau environment yang disimulasikan oleh komputer. Lingkungan dalam virtual reality bisa jadi meniru lingkungan asli atau hanya ada dalam imajinasi.

Teknologi Virtual Reality yang lazim juga disebut VR ini punya banyak manfaat dalam banyak aspek kehidupan di era modern. Salah satunya di bidang pelatihan, teknologi VR ini memungkinkan untuk seseorang melakukan simulasi di lingkungan buatan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Lebih jelasnya tentang pemanfaatan VR, kamu bisa baca ulasan di bawah ini.

  1. Bidang Medis dan Kedokteran

Perangkat VR memungkinkan bagi dokter untuk bisa lebih mendeskripsikan bagian anatomi tubuh beserta simulasi fungsi organ-organ tubuh. Dengan bantuan teknologi VR, dokter pun akan lebih mudah memahami cara kerja tubuh manusia yang membantu mengambil keputusan serta diagnosa yang tepat.

  1. Bidang Militer

Lewat penggunaan teknologi VR di bidang militer, para tentara mampu berlatih menggunakan senjata di lingkungan virtual agar lebih mahir sebelum terjun nyata ke lapangan. Cara ini tak hanya membuat para tentara menjadi lebih ahli, namun juga lebih efisien dan juga hemat di anggaran.

  1. Bidang Media dan Hiburan

Penggunaan teknologi VR yang paling populer adalah di bidang media dan hiburan, contohnya di video game. Teknologi VR memungkinkan pecinta games untuk mendapatkan sensasi pengalaman bermain yang semakin nyata. Perangkat VR membawakan realita yang terkesan hidup.

  1. Bidang Transportasi

Virtual Reality juga punya manfaat besar di bidang transportasi, salah satunya di simulasi penerbangan pesawat terbang. Dengan adanya teknologi VR ini, seseorang yang membutuhkan latihan menerbangkan pesawat tak perlu mengeluarkan biaya besar. Karena dengan teknologi VR, calon pilot bisa mendapatkan pengalaman yang tak kalah nyata bahkan bisa mendekati kenyataan, termasuk simulasi jika terjadi hal yang tak diinginkan. Dengan adanya simulasi VR ini, calon pilot bakal punya banyak pengalaman tanpa harus menempuh resiko yang mengkhawatirkan.

  1. Bidang Teknik dan Otomotif

Salah satu perusahaan otomotif yang menggunakan teknologi VR dalam pengembangan dan mendesain mobil adalah Ford. Perusahaan ini menggunakan headset jenis Oculus Rift untuk mengevaluasi bagian luar dan dalam mobil.

  1. Bidang Pendidikan 

Penggunaan teknologi VR dalam bidang pendidikan memungkinkan siswa untuk lebih memahami materi. Contohnya, teknologi VR bisa lebih nyata memproyeksi serta mensimulasi keadaan di luar angkasa, anatomi tubuh serta beberapa hal lainnya.

  1. Bidang Ekonomi dan Perdagangan

VR juga bisa membantu meningkatkan penjualan atau menjadi bagian dari strategi mempromosikan barang di display seperti yang dilakukan Selfridges. Toko di London tersebut menerapkan teknologi VR agar pengunjung bisa datang dan mencoba produk mereka. Salah satu contohnya adalah produk jam tangan virtual 3D, pengunjung yang datang bisa memilih dan merasakan sensasi mencoba jam tangan virtual yang dijual.

Terbukti bukan jika teknologi bisa membantu kita dalam berbagai aspek. Mulai pendidikan, pelatihan hingga hiburan seperti yang bisa dilakukan teknologi Virtual Reality ini. Yang awalnya butuh waktu lama dan susah dilakukan kini menjadi lebih mudah. Kalau kamu, pernah merasakan teknologi VR?

 

Sumber: 1 2

Posted in: Articles