Mengapa Startup Perlu Melakukan Strategi Digital Marketing? | IDS

Mengapa Startup Perlu Melakukan Strategi Digital Marketing?

Ketika memutuskan menjadi bagian dalam sebuah startup, kamu harus siap dengan segala konsekuensi dan tanggung jawab yang dijalani. Misalnya, kamu harus membuat startup kamu dikenal banyak orang, mendapatkan banyak keuntungan, juga membuat rencana ke depannya. Tujuan-tujuan ini tentu harus dicapai dengan menerapkan teknik marketing, baik konvensional maupun digital. Lalu, mengapa startup perlu melakukan strategi digital marketing?

 

  1. Lebih Hemat

Sebuah startup yang baru saja berkembang tentu sangat memperhitungkan uang yang keluar dan masuk. Nah, alasan paling utama kenapa startup butuh digital marketing adalah karena digital marketing lebih hemat dibanding marketing konvensional seperti iklan di media massa. Melalui digital marketing, kamu bisa mengontrol sendiri berapa budget yang mau kamu keluarkan untuk sebuah campaign/iklan. Berbeda dengan media massa yang sudah memiliki tarif sendiri untuk berbagai jenis iklan yang mau ditayangkan.

 

  1. Memilih Sendiri Target Audience

Tidak hanya budget saja, kamu juga bisa mengontrol untuk siapa, kapan, dan di mana iklan tersebut mau ditayangkan. Digital marketing tools seperti Facebook Ads contohnya memberikan kamu kemudahan untuk memilih target audience berdasarkan lokasi, gender, usia, hobi, dan lain-lain.

 

  1. Iklan dapat Diukur Secara Real-Time

Melalui digital marketing, kamu bisa langsung melihat seberapa sukses iklan yang kamu tayangkan hanya dengan menggunakan analytics tools yang tersedia. Misalnya saat kamu melakukan campaign/iklan dengan menggunakan Facebook Ads, kamu sudah bisa mengukur seberapa banyak orang yang comment atau share hanya dengan menekan tombol refresh di halaman web tersebut.

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet untuk mencari sumber informasi dan segala kebutuhan. Maka, melalui digital marketing ini, kamu bisa meningkatkan brand awareness startup kamu, salah satunya dengan penggunaan SEO dan penulisan konten yang mengandung keyword (kata kunci yang banyak dicari orang di mesin pencari). Semakin berkualitas dan banyak keyword yang terkandung dalam kontennya, situs kamu akan semakin naik pula ke urutan atas di mesin pencari.

 

  1. Investasi

Meskipun tidak semua strategi digital marketing menawarkan keberhasilan, tapi anggaplah kegiatan tersebut menjadi sebuah investasi. Melalui digital marketing, kamu bisa memiliki jaringan di dunia maya, berinteraksi dengan konsumen, dan memperbanyak pengalaman. Selain itu, digital marketing juga bisa membuka startup kamu ke ranah dunia internasional karena semua orang di dunia bisa mengakses situsmu.

 

Meskipun saat ini digital marketing lebih mendominasi, tetapi tak bisa dipungkiri promosi melalui media tradisional pun masih tetap dibutuhkan. Keduanya tetap harus jalan secara berdampingan. Sebab, belum semua daerah terjamah internet dan di sinilah letak marketing konvensional dibutuhkan.

(SK)

 

Source: 1 2 3

FI source: flickr.com

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG