Mengenal 8 Generasi Game Console - IDS | International Design School

Mengenal 8 Generasi Game Console

Sebagian dari kita pasti pernah bermain Nintendo dan Playstation, kan?  Kehadiran kedua teknologi game console tersebut sangatlah populer di tahun 1990 hingga 2000-an. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tidak ada yang ketinggalan untuk ikut memainkan game console. Hingga saat ini, Playstation (PS) masih menjadi kesukaan orang banyak dan Sony, selaku produsen, terus melakukan pembaharuan pada produknya. Hal itu terbukti dengan munculnya PS3 di tahun 2006 , PS4 di tahun 2014 dan  PS5 yang masih menunggu tanggal rilis.

 

Namun, tahukah kamu bagaimana awal mula perkembangan game console tersebut? Berikut ulasannya.

 

 

  • Generasi Pertama

Festival_du_Jeu_Vidéo_-_2010-09-11_-_Magnavox_Odyssey_1

 

A.S. Douglas adalah pencipta teknologi game pertama tahun 1952. Berawal dari tesis yang ia buat mengenai interaksi antara komputer dan manusia, Douglas berkreasi lagi dengan menciptakan game versi Tic-Tac-Toe. Game tersebut diprogram pada komputer EDSAC vaccum-tube yang memiliki layar CRT (Cathode Ray Tube). Kemudian di tahun 1958, William Higinbotham menciptakan game Tennis for Two.

Perkembangan generasi pertama game console ditandai dengan munculnya Magnavox Odyssey. Magnavox Odyssey adalah game console rumahan yang diproduksi secara komersial. Dikembangkan oleh Ralph H. Baer dan timnya di Sanders Associates, Magnavox rilis di Amerika Serikat pada bulan September 1972. The Odyssey terdiri dari kotak putih, hitam, dan coklat yang menghubungkan ke satu set televisi, dan dua pengendali persegi panjang yang dipasang oleh kabel. Tercatat sekitar 100.000 unit game console ini terjual, tetapi di tahun 1975 produsen Magnavox berhenti memproduksi Odyssey karena berhasil mengenalkan mikroprosesor berbasis konsol. Sebagai gantinya, Magnavox memproduksi Odyssey 100, mesin yang khusus menyajikan game Pong.

 

  •     Generasi Kedua

img_2255-1

 

Fairchild VES (Video Entertainment System) adalah game console yang rilis tahun 1976 di Amerika Utara oleh Fairchild Semiconductor. VES adalah konsol pertama yang menggunakan mikroprosesor dan terjual kurang lebih sebanyak 200.000 units. Bisa dibilang VES adalah game console pertama yang berbasis 4 dan 8 bit yang menggunakan kaset magnetic (cartridge). Salah satunya, Atari 2600 yang rilis pada 11 September 1977 dengan game Space Invaders. Tahun 1980, para produsen konsol game mulai bermunculan kembali berkat Atari dan mengambil konsep dasarnya. Namun sayangnya, pada tahun 1983 konsol game harus ambruk dan rela kalah saing dengan game berbasis PC yang semakin kreatif.

 

  • Generasi Ketiga

photo-1516111143745-fbfc2ebd6352

 

Kalian pasti tahu atau mungkin pernah bermain Nintendo, kan? Nah, game console yang satu ini rilis di tahun 1983. Dikenal dengan nama Nintendo Entertainment System atau NES dikembangkan oleh Family Computer atau dikenal yang dengan singkatan Famicom. Berkat kesuksesannya, NES diluncurkan di berbagai daerah di A.S, seperti New York City dan Los Angeles pada 1985 dan seluruh AS tahun 1986. Dan tahukah kamu kapan awal mula kemunculan game Super Mario Bross? Yup! Tepat di tahun yang sama, game ini rilis dan sangat meledak di pasaran, bahkan masuk dalam jajaran game legendaris.

 

  •      Generasi Keempat

PA.79898.001

 

Tahu game Sonic the Hedgehog yang sempat populer di tahun 1991-1996an? Nah, di generasi keempat inilah, Sonic muncul di game console SEGA genesis yang rilis tahun 1988. Sega genesis lebih menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang sangat halus dibandingkan dengan pesaingnya. Sonic juga menjadi game yang mampu menyaingi keberhasilan Nintendo dan membuat Sonic menjadi sosok ikonik bagi SEGA.

 

  • Generasi Kelima

SONY DSC

 

 

Sony Computer Entertainment semakin merajai dengan mengeluarkan Playstation di tahun 1994 di Jepang dan sukses rilis di berbagai negara. Playstation bersaing dengan Nintendo 64 dan Sega sebagai generasi kelima dari game console.Generasi ini juga bisa disebut sebagai era konsol 32 bit. Konsol berbasis CD keluaran Sony menuai sukses untuk keluaran pertamanya yang kemudian menjadi konsol terlaris sepanjang masa.

 

 

  •   Generasi Keenam

download (1)

 

Xbox muncul di generasi keenam tepatnya tahun 2001. Dikembangkan oleh Microsoft, Xbox menjadi pesaing terberat untuk Sony. Bagaimana tidak, Xbox mampu menarik perhatian para konsumennya dengan game Halo yang mampu menyaingi Sony. Di generasi ini, SEGA, Nintendo, Sony, dan Microsoft berloma-lomba untuk menjadi yang terbaik. Sayangnya, SEGA tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation (Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi di bidang pembuatan game console.

 

 

  • Generasi Ketujuh

photo-1518908336710-4e1cf821d3d1

 

Ketiga perusahaan konsol terbesar (Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3 (Playstation 3) tahun 2006, PS4 (Playstation 4) tahun 2014, Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360 tahun 2005. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player. Rumornya, PS5 juga akan rilis mendatang antara 2019-2022. Kita tunggu saja ya.

 

Nah, itu dia deretan perkembangan game console dari generasi ke generasi. Kalau kamu pilih generasi nomor berapa yang paling disuka? Silakan isi komentar dibawah ya!

 

Source:

1 2 3 4 5 6 7 8

Source pictures:

1 2 3 5 6 7 8

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Laptop Gaming Murah - April 28, 2019 - 2:30 am #

    saya cuma tahu game concole dan pernah memainkannya mulai generasi ketiga. Ternyata ada juga generasi sebelumnya ya…

DAFTAR SEKARANG