Mengenal Asal Usul Warna Pastel - IDS | International Design School

Mengenal Asal Usul Warna Pastel

Bicara soal tren, warna adalah salah satu hal yang terus berubah. Mulai dari teknik yang berani, warna cerah, pastel dan bermacam-macam warna netral yang baru. Salah satu yang disukai dan menjadi pilihan adalah warna pastel.

Lantas sebenarnya, dari mana sih asal usul warna pastel? Mengapa disebut pastel? Bagaimana sejarahnya? Yuk kupas tuntas selengkapnya di sini!

 

Apa Itu Warna Pastel?

1
Pastel adalah warna-warna muda dan cerah, hasil perpaduan dengan warna putih. Dalam HSV (hue, saturation, value), warna pastel memiliki tingkat saturasi yang rendah. Oleh karena itu, warna pastel terlihat lebih lembut dan kalem.

 

Bagaimana Asal Usul Warna Pastel?

2 (1)
Penyebutan “pastel” tersebut berasal dari alat yang digunakan untuk mewarnai gambar. “Pastel” sendiri adalah zat pewarna bubuk yang dicampur dengan air dan kapur atau ada juga yang berasal dari campuran minyak dan kapur hingga dibentuk menjadi stik atau batangan.

Mengandung zat pengikat dari serbuk yang direkatkan dengan gom arab. Jika digosokkan ke kertas yang cukup kasar, ikatan tersebut akan lepas dan serbuk warna akan menempel pada kertas.

Gom Arab sendiri adalah salah satu produk getah (resin) yang dihasilkan dari penyadapan getah pada batang tumbuhan legume. Dikenal pula sebagai gum acacia (gummi arabicum).

“Pastel” telah digunakan sejak era Renaisans  dan memperoleh popularitas pada abad ke-18, ketika sejumlah seniman ternama menjadikan pastel sebagai medium primer mereka. Karya seni yang dibuat menggunakan pastel disebut pula sebagai pastel (atau gambar pastel atau lukisan pastel).

Namun, dalam dunia fesyen, pastel mulai hits pada tahun 1980-an. Tepatnya digunakan pada serial televisi NBC berjudul Miami Vice. Karakter utamanya bernama Sonny Crocket (Don Johnson) menggunakan setelan jas berwarna pastel.

 

Kegunaan Warna Pastel

3
Kalau dikaitkan dengan pengaruh dalam mood atau suasana hati seseorang, warna pastel akan membuat suasana tenang dan rileks. Untuk desain packaging (kemasan) warna pastel biasanya identik dengan produk-produk kecantikan.

Selain itu ada warna biru pastel yang dapat memberi efek menenangkan, meningkatkan rasa percaya diri serta dapat menurunkan kecemasan dan sifat agresif.  Hijau pastel dapat memberi rasa sejuk, segar dan nyaman. Terakhir, warna kuning pastel yang juga bisa memberi nuansa ceria sehingga dapat menimbulkan rasa senang, bahagia dan meningkatkan konsentrasi, daya ingat serta kecerdasan.

 

Berbagai Jenis Pastel

4
Terdapat beberapa jenis pastel yang biasa digunakan, yaitu pastel lunak (soft pastel), pastel keras (hard pastel), pastel pan, pastel pencil, dan oil pastel

Nah, itu dia beberapa hal seputar warna pastel yang mungkin belum banyak yang tahu darimana asal-usulnya. Warna pastel sendiri memang memberikan kesan yang lembut sehingga tidak terlalu mencolok saat diaplikasikan.

Bagaimana? Apa kamu jadi tertarik mau menggunakan warna-warna pastel untuk desainmu? Selamat mencoba!

 

 

Source:

1 2 3

 

Source pictures:

1 2 3 4 5

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG