Mengenal Bermacam Angle Foto - IDS | International Design School

Mengenal Bermacam Angle Foto

Siapa di sini yang masih belum paham tentang pengambilan sudut foto? Angle, begitu sebutannya. Angle ini sebenarnya secara harfiah berarti sudut pengambilan gambar yang menekankan posisi kamera berada pada situasi tertentu dalam membidik obyek. Hal ini diharapkan mampu memperindah foto dan mengeluarkan sisi kedinamisannya.

Secara garis besar angle tebagi dalam lima macam. Sudut pengambilan foto yang bermacam ini akan menampilkan hasil yang berbeda pula. Belum tentu foto yang bagus diambil oleh salah satu angle akan bagus bila diterapkan dengan yang lain. Penasaran? Here’s they are.

1.       Eye Level

Nah ini nih yan biasanya paling familiar dan biasa diterapkan banyak orang. Eye level sendiri berarti pengambilan foto yang memberikan kesan sama dengan cara mata kita melihat obyek. Posisi dan arah kamera memandang obyek yang akan dibidik, sama layaknya mata kita memandangnya. Biasanya digunakan untuk  menghasilkan kesan menyeluruh dan merata terhadap background sebuah obyek dan menonjolkan sisi ekspresifnya. Pengambilan angle eye level biasanya dipergunakan untuk memfoto manusia, di mana kamera layaknya memandang seperti mata kita sendiri. Namun tak jarang digunakan untuk makhluk hidup lainnya atau pemandangan kota.

2.       Low Angle

Dalam sudut pengambilan ini, seperti namanya dilakukan di bawah. Di mana posisi obyek lebih tinggi dari kamera. Low angle biasanya digunakan untuk menunjukan kesan elegan, megah dan tangguh. Namun, sudut pengambilan ini biasa diterapkan pula untuk pengambilan foto levitasi.

3.       High Angle

Angle ini digunakan untuk mendapatkan kesan luas dari obyek yang diambil. Dengan high angle kita bisa memasukan faktor pendukung obyek dalam frame. Pengambilan foto dengan angle ini dapat menampilkan kesan yang berbeda dari biasanya karena obyek akan terlihat kecil sehingga memunculkan kesan dramatic. Pemanfaatannya juga bisa diaplikasikan dalam foto levitasi.

4.       Bird Eye Level

Dalam sudut pengambilan gambar ini, posisi obyek di bawah atau berada lebih rendah dari kita berdiri. Biasanya sudut ini diambil untuk menunjukkan elemen yang terdapat di sekitar obyek dan memberikan kesan perbandingan antara overview lingkungan dengan poin of interest.

5.       Frog Eye Level

Sesuai dengan namanya ini merupakan pengambilan sudut foto sebatas mata katak. Secara harfiah, saat pengambilan sudut ini kamera bisa saja disejajarkan dengan tanah.  Namun, tidak di arahkan ke atas.

Angle itu penting loh. Sekarang kalian jadi mengerti kan mengapa untuk memoto obyek si fotografer harus mengambil banyak angle? Pastinya juga jadi tahu mengapa perempuan tidak suka bila fotonya salah angle. Karena bisa-bisa hasil yang didapatkan tak sesuai harapan.

Masih kurang paham? Yuk gabung aja di IDS | International Design School, karena kami memiliki program Short Course – Creative Course yang mampu membuatmu semakin terasah kemampuannya. Come and be the greatest one.

Sumber

1 2 3 4

Photo Credit: Darwin Bell via Compfight cc

Ingin Menjadi Fotografer Professional?
Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG