Mengenal Binatang Australia - IDS | International Design School

Mengenal Binatang Australia

Kalau mendengar frase binatang asli Australia, pasti pikiran kita melayang pada hewan berkantung,  kanguru. Tidak salah memang, karena kanguru adalah binatang paling terkenal, dan jadi ciri khas Australia. Namun masih banyak lagi binatang sangat khas dan hanya hidup di wilayah Australia dan sekitarnya. Selengkapnya simak penjelasan berikut.

 

1. Hewan Marsupial (berkantung)

Hewan marsupial adalah hewan berkantung. Waktu dilahirkan, hewan ini tidak berambut dan sangat kecil. Panjang tubuhnya kurang dari tiga sentimeter. Sesudah lahir, hewan ini hidup di kantung induknya dan menyusui di situ. Mereka keluar dari kantung bila sudah benar-benar cukup besar.

Kanguru termasuk ke dalam jenis binatang marsupial. Kanguru pun bermacam-macam spesiesnya, misalnya kanguru pohon dan kanguru merah. Kanguru merah adalah hewan marsupial terbesar. Apabila berdiri tingginya mencapai lebih dari dua meter, dan biasanya bergerak dalam kelompok besar.

Selain kanguru, ada binatang marsupial khas dari Australia, yaitu koala. Binatang ini hidup di hutan-hutan eukaliptus dan hanya memakan daun eukaliptus. Hewan marsupial yang satu ini dijumpai di daerah beriklim panas dan dingin, mulai daerah tropis di Queensland sampai daerah Victoria yang beriklim sedang. Hampir sepanjang hari koala tidur di cabang pohon, dan makan pada malam hari.

Hewan marsupial lainnya adalah wombat. Fisiknya seperti koala tetapi hidupnya di tanah. Makanannya rumput dan mereka makan di malam hari. Sarangnya di dalam tanah dan mereka berkembang-biak di sana. Jenis yang paling umum dijumpai di Australia Tenggara. Dua jenis lainnya dijumpai di daerah-daerah yang setengah gersang.

 

2. Hewan Monotrem

Hewan monotrem adalah mamalia yang bertelur seperti reptil namun menyusui anaknya seperti mamalia. Yang termasuk hewan jenis ini  misalnya platypus dan trenggiling.

Hewan ini hidup di sungai-sungai Australia sebelah timur. Hewan ini aktif di malam hari. Makanannya adalah serangga air dan udang karang yang hidup di air tawar. Pandangan matanya lemah dan ia mencari makan dengan menggunakan paruhnya yang sangat sensitif. Hewan ini menggali terowongan ke arah pinggir sungai dan di sinilah mereka tidur dan berkembang-biak.

Trenggiling juga termasuk monotrem. Tubuhnya tertutup bulu yang panjang dan lancip. Mereka menggunakan bulunya ini untuk melindungi diri. Apabila diserang, mereka dapat dengan cepat bersembunyi dalam tanah dengan menggunakan cakarnya yang kuat.

 

3. Burung Kukabura dan Emu

Burung kukabura hidup di hutan eukaliptus. Yang paling khas dari binatang ini adalah suara tawanya. Mereka hidup berkelompok dan bersarang di pohon. Makanannya serangga, hewan-hewan kecil, kadal, dan ular.

Burung terbesar di Australia adalah emu. Seperti burung onta, burung emu tidak bisa terbang. Kalau berdiri tingginya mencapai satu setengah meter.

 

Jika kamu juga ingin kuliah di Australia. Yuk, ikutan International Pathway program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan 2 universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Sumber: 1 2

Image Credit : Koala by mdalmuld is licensed under CC BY 2.0

 

Ikutan International Pathway Program Dari IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG