Mengenal Memphis Desain yang Kembali Hits - IDS | International Design School

Mengenal Memphis Desain yang Kembali Hits

Kalian pasti mendengar kan istilah Memphis desain? Memphis desain adalah salah satu gaya dalam desain yang kembali diminati. Lantas, sebenarnya apa sih Memphis desain? Bagaimana trennya? Berikut IDS bahas lebih lanjut di bawah ini!

Apa itu Memphis Desain?

1

Memphis desain lahir pada era postmodern tepatnya tahun 1980-an. Desain postmodern merupakan pertentangan dari desain-desain modern yang minimalis, simpel dan lugas yang diusung oleh Ludwig Mies Van der Rohe.

Memphis desain sendiri merupakan salah satu gaya desain postmodern yang paling berpengaruh. Memphis desain digagas  oleh Ettore Sottsass. Ia merupakan desainer asal Italia. Bahkan desainer, Karl Lagerfeld adalah penggemar dan membeli semua koleksi pertama dari Sottsass dan menghiasi seluruh apartemennya, seperti taman bermain Memphis yang luas.

 

2

Berikut ada beberapa ciri khas dari Memphis desain yang terletak pada warna dan pola yang khas.

 

warna dan pola

1. Warna

Memphis desain menggunakan berbagai warna cerah, seperti merah, biru, merah muda, hijau, serta kuning. Namun pada motif atau pola tak jarang juga mengaplikasikan warna hitam. Hal ini membuat warna dasar pada pola dan warna motifnya tampak sama-sama kuat.

 

2. Pola

Memphis desain juga memiliki ciri khas pada pola yang terkesan tidak beraturan. Pola tersebut berbentuk garis berbentuk geometris, motif mozaik atau motif kulit hewan. Namun, tak jarang desain bergaya memphis juga menerapkan pola atau bentuk lainnya secara bebas.

Selain memiliki ciri khas pada warna dan pola, berikut penggunaan Memphis desain yang ada saat ini.

 

1. Memphis dalam Desain Grafis dan Cetak

Beberapa contoh penggunaan Memphis desain pada desain cetak sebagai berikut.

5

 

2. Memphis dalam Desain Fashion

Pada tahun 2014, Nathalie du Pasquier merancang garis untuk Pakaian Amerika. Berikut contohnya.

6

 

3. Memphis dalam Desain Website

Desainer Nate Tate membuat set ikon yang didasarkan pada gaya Memphis desain.

7

 

4. Memphis dalam Desain Interior

8

Yups! Itu dia beberapa hal seputar Memphis desain yang mungkin belum banyak yang tahu. Rupanya, Memphis desain adalah tren lama yang kembali hits saat ini. Kalau menurut kalian gimana? Apa kalian suka dengan gaya Memphis desain ini? Komen di bawah ya! Buat kalian yang tertarik mau belajar desain? Yuk join di IDS.

IDS | International Design School menawarkan jalur fast track buat kalian yang mau belajar desain grafis. Dengan belajar di IDS kamu akan diajarkan langsung oleh para praktisi profesional di bidangnya loh creative people!

 

 

Source:

1 2 3

 

Source Pictures:

1 2 3 4 5 6 7 8

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG