Mengenal One Shot Movie, Teknik yang Buat Film 1917 Kantongi Nominasi Oscar - IDS | International Design School

Mengenal One Shot Movie, Teknik yang Buat Film 1917 Kantongi Nominasi Oscar

Mengenal One Shoot Movie

Film yang bagus banyak bergantung kepada alur cerita, akting para pemainnya dan juga teknik pengambilan gambar. Nah salah satu teknik yang unik adalah one shot, ini adalah teknik yang mengantarkan Film 1917. Yuk kita kenal lebih dalam teknik One Shot Movie ini.

Sesuai dengan namanya, teknik one shot pengambilan gambar film yang salah satu adegan atau bahkan seluruh adegannya hanya menggunakan satu kali take atau pengambilan gambar. Dengan konsep ini, gambar seolah tak punya jeda, seakan-akan kita melihat gambar secara kontinyu dari awal sampai film berakhir.

Bagaimana tingkat kesulitannya? Kalau durasi filmnya pendek, satu atau dua menit, tentunya ini bukan teknik yang sulit. Tetapi bagaimana jika durasinya panjang, satu setengah jam atau lebih seperti film 1917 yang menggunakan teknik ini? Tentunya ini bukan perkara gampang.

Karena sulit, tak semua film dengan konsep one shot diambil dengan menggunakan teknik satu kali pengambilan gambar. Ada film dengan konsep one shot tetapi tak diambil dengan satu kali pengambilan gambar, tetapi dengan bantuan proses editing. Cuma ada juga yang gila membuat film durasi sejam lebih dengan menggunakan satu kali pengambilan gambar. Edan bukan?

Apa saja film dengan konsep one shot yang dibantu proses editing dan yang benar-benar diambil dengan satu kali pengambilan gambar? Berikut 5 film Hollywood dengan konsep one shot.

1. 1917

Film 1917 terus mencatatkan prestasi. Setelah sebelumnya membawa pulang penghargaan Film Drama Terbaik di ajang Golden Globe. Film yang disutradarai Sam Mendes kini masuk nominasi Piala Oscar bersaing dengan Ford v Ferrari dan dan film thriller sosial asal Korea Selatan, Parasite.

Berlatar belakang Perang Dunia I, Film 1917 menceritakan kisah dua orang prajurit muda dari Inggris, Schofield (George MacKay) dan Blake (Charles Chapman), yang diberi tugas menyampaikan pesan untuk menghentikan serangan yang dapat merenggut ratusan tentara Inggris.

Film ini diambil dengan teknik one shot yang menghasilkan kualitas gambar unik untuk menyedot perhatian penonton. Namun masih belum diketahui apakah benar diambil satu kali take atau menampilkan konsep one shot dengan bantuan editing.

2. Victoria (2015)

Rilis di tahun 2015, film ini berhasil memikat dengan konsep one shot yang benar-benar asli selama 140 menit. Gak kebayang kan, gimana para kru dan aktor/aktris menyiapkan staminanya.
Film ini bercerita tentang seorang wanita yang diajak merampok bank di malam hari oleh 3 orang pria. Untuk merampungkan proses shooting, para kru hanya membutuhkan tiga kali take!

3. Birdman (2014)

Birdman berkisah tentang kehidupan pemain teater. Menggunakan konsep one shot, mata penonton seakan diajak melotot di sepanjang film. Para penonton seakan bisa merasakan langsung kehidupan pemain teater di kehidupan nyata.

Sekalipun mengusung konsep one shot, tetapi film ini tak sepenuhnya menggunakan teknik satu kali pengambilan gambar. Beberapa gambar sudah melalui proses editing agar seakan-akan terlihat syuting tanpa cut!

4. Lost in London (2017)

Film ini sedikit berbeda dengan film lainnya di dalam daftar. Tak mengusung genre drama seperti film lain dalam daftar, Lost in London ini merupakan film komedi. Proses pengambilan gambar menjadi lebih sulit dengan teknik one shot selama 100 menit. Tak ada ruang bagi kesalahan bagi aktor Woody Harrelson, Owen Wison dan juga segenap kru film.

5. Russian Ark (2002)

Russian Ark diambil dengan menggunakan teknik one shot asli tanpa proses penyuntingan. Film ini mengusung genre drama dengan durasi cukup pendek, yakni 96 menit. Mengambil tempat di Winter Palace of Hermitage Museum, Russian Ark berkisah tentang seorang aristokrat Perancis abad 19 yang mengenang kehidupan Rusia di museum tersebut dan bertemu dengan berbagai figur menarik Rusia 200 tahun terakhir.

Teknik one shot menghasilkan gambar unik untuk menarik perhatian penonton. Namun dalam proses pembuatannya membutuhkan stamina dan fokus yang luar biasa dari para kru serta pemain, karena dengan teknik ini tidak ada ruang bagi kesalahan. Nah, dari deretan film one shot di dalam daftar ini, mana yang sudah kamu tonton?

Source: 1 2

Posted in: Articles