Mengenal Pendidikan Tinggi Di Australia - IDS | International Design School

Mengenal Pendidikan Tinggi Di Australia

Sektor pendidikan tinggi (Universitas) di Australia mengacu pada lembaga pendidikan tinggi lainnya yang terakreditasi. Pemerintah Australia memiliki tanggung jawab keuangan dan kebijakan yang sangat besar atas pendidikan tinggi, sementara Pemerintah Negara Bagian dan Wilayah tanggung jawab legislative besar di bawah mana universitas didirikan sebagai lembaga otonom yang mengatur dirinya sendiri.

Setiap tahun, semakin banyak siswa yang memilih Australia sebagai tujuan mereka untuk kuliah di universitas, dan Australia cepat menjadi lebih populer daripada tempat lain seperti Inggris atau AS. Ini tidaklah mengherankan jika kamu melihat reputasi Australia untuk program studinya yang inovatif, berkualitas tinggi dan diakui di dunia internasional, dan fakta bahwa banyak program studinya yang lebih murah jika dibandingkan dengan yang ada di negara lain.

Australia memiliki satu system kualifikasi nasional dan komperensif dalam Kerangka Kualifikasi Australia (AQF). AQF adalah system nasional yang mencakup 17 kualifikasi

yang berbeda dan menghubungkan universitas-universitas, pendidikan kejujuran dan pelatihan, dan pendidikan sekolah.AQF menentukan kualifikasi pendidikan Vocational Education and Training (VET) dan institusi pendidikan tinggi.

 

1.   Kualifikasi dan persyaratan masuk

Australia mempunyai syarat kualifikasi nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Australia. Ini berarti ada pengakuan nasional dan internasional untuk setiap kualifikasi dan tingkat pendidikan yang diwakilinya.

Peluang masuk ke sebagian besar program pendidikan tinggi (universitas) di Australia sangatlah kompetitif, dan dibutuhkan standar bahasa Inggris yang tinggi untuk studi tingkat sarjana dan pascasarjana.

Untuk dapat masuk ke jenjang Pendidikan Tinggi program S1, skor minimal IELTS harus 6.0 atau TOEFL iBT 79-80 disyaratkan. Untuk masuk program S2, skor minimal IELTS 6.5 atau TOEFL iBT 90-91

 

2.   Kualifikasi Pendidikan Tinggi

Diploma

Diploma adalah suatu kualifikasi semi (para-profesional)bagi mereka yang bekerja sebagai pemegang jabatan (petugas) teknik, penyelia (supervisor), atau pekerjaan yang berhubungan dengan professional (memiliki keahlian dan keterampilan lewat pendidikan dan latihan), tergantung pada pekerjaan atau ilmu.

Advanced Diploma

Advenced Diploma adalah kualifikasi tingkat profesional bagi mereka yang bekerja sebagai teknolog (ahli teknik), manajer atau profesional. Advanced Diploma dapat menyediakan posisi tingkat lanjut atau transfer kredit ke dalam program tingkat Sarjana yang ditentukan di suatu universitas.

Associate Degree

Program gelar Associate Degree ditawarkan oleh sejumlah universitas dan penyelenggara

pendidikan tinggi lain diberbagai bidang studi. Penerimaan masuk ke jenjang Associate Degree biasanya memerlukan sertifikat kelas 12 Australia atau yang setara, dengan memenuhi nilai masuk tersier yang sesuai.

Bachelor Degree (Gelar Sarjana/S1)

Gelar Bachelor (Sarjana): menyediakan persiapan awal untuk karir profesional dan studi pascasarjana, dan melibatkan studi penuh selama minimal enam semester. Persyaratan masuk biasanya harus lulus dari sekolah menengah Australia (Year 12) atau yang setara di luar negeri, atau diploma, atau advanced diploma dari sektor Vocational Education and Training (VET/Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan).

Combined or Double Degree (Gelar Gabungan atau Ganda)

Gelar Sarjana dapat diperoleh dengan berbagai kombinasi. Gelar gabungan ini pada umumnya memerlukan satu atau dua tahun studi tambahan.

Graduate Entry Degree

Graduate Entry Program didapatkan minimum dalam kurun waktu dua tahun studi dan secara spesifik dirancang untuk dapat mengambil program master.

Post Graduate Bachelor Degrees

Beberapa Universitas Australia menawarkan gelar Sarjana, yang tidak bias diambil secara langsung oleh peserta yang memiliki sertifikat year 12 (kelas 12). Mayoritas dari gelar ini adalah kualifikasi profesional di dalam bidang seperti arsitektur dan bangunan, hukum, pendidikan, kedokteran dan, adakalnya, kesejahteraan social.

Gelar Pascasarjana dengan Riset

Program gelar Pascasarjana dengan Riset terdiri atas sedikitnya dua pertiga riset dengan tesis yang substansial dan yang sering dinilai secara eksternal dan biasanya memerlukan sedikitnya satu tahun kalender studi penuh waktu. Penerimaan masuk memerlukan gelar Sarjana Honours atau tahun pertama Pascasarjana.

Gelar Doktor Profesional

Gelar Doktor Profesional pada umumnya ditempuh dari riset gabungan dan gelar

Pascasarjana coursework (kuliah), suatu gelar Sajana Honours (Kelas satu atau dua, divisi bagian atas) atau yang setara.

 

Kamu berencana untuk kuliah di Australia? Kamu bisa ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, lho! Program ini merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Sumber : 1 2 3
Mau Meneruskan Studi di Australia? Ikut International Pathway dari IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG