Mengetahui Makna Warna Primer Secara Psikologis dalam Desain - IDS | International Design School

Mengetahui Makna Warna Primer Secara Psikologis dalam Desain

ColourPsychology3

 

Pemilihan warna adalah salah satu langkah penting dalam proses pembentukan brand. Pengaruh dari warna yang berada di logo atau tampilan produk telah secara ilmiah mempengaruhi persepsi konsumen akan sebuah benda. Graphic designer yang didaulat untuk menciptakan sebuah logo atau gambar harus memahami Teori Warna agar mampu mengombinasikan berbagai macam warna dengan tujuan mempengaruhi persepsi seseorang dalam aspek psikologis.

Kali ini, IDS | International Design School akan membahas warna-warna primer yang sering terlihat dalam logo atau produk yang beredar di masyarakat beserta maknanya secara psikologis. Mari disimak!

 

  1. Merah

Warna ini identik dengan semangat, agresifitas dan gairah. Selain itu, warna merah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan metabolisme dan jumlah detak jantung. Banyak dari perusahaan yang bergerak di bidang fastfood atau makanan secara umum menggunakan merah sebagai warna yang dominan dalam logo atau kemasan produk mereka karena dianggap dapat meningkatkan nafsu makan. Di beberapa kebudayaan, warna merah melambangkan kemakmuran dan kebahagiaan. Namun di beberapa negara seperti Afrika Selatan, merah merupakan warna baju yang lumrah dipakai untuk menghadiri pemakaman. Penting bagi desainer untuk mengetahui kemana produknya akan dipasarkan demi menghindari pesan yang disalahartikan.

  1. Biru                                       

Meskipun warna biru sering dikaitkan dengan kesedihan, tetapi dengan kombinasi warna yang benar maka warna ini bisa diartikan sebagai representasi dari tanggung jawab, kesetiaan dan ketenangan.  Sebagai contoh praktis, dark blue seringkali digunakan oleh perusahaan sebagai warna dominan dalam logo mereka karena asosiasi warna tersebut dengan keterandalan dan keteguhan sedangkan light blue digunakan untuk menggambarkan ketenangan.

  1. Kuning

Kuning dianggap sebagai warna yang paling energik dari semua warna yang ada. Kendati demikian, warna kuning juga memiliki tafsiran yang beragam dalam berbagai budaya. Dalam kebudayaan Jepang, warna kuning menggambarkan keberanian namun di Mesir warna kuning dianggap diasosiasikan dengan kesedihan atau kedukaan. Kuning sering digunakan oleh desainer untuk melambangkan kebahagiaan namun jika dikombinasikan dengan warna lain, campuran tersebut bisa memberikan makna yang variatif seperti kemakmuran, kesan antikan bahkan hingga tanda bahaya.

 

Demikian pembahasan mengenai arti warna secara psikologis oleh IDS | International Design School. Semoga dapat membantu jika kamu sedang atau berencana untuk membuat sebuah desain logo. Silakan isi kolom komentar di bawah ini jika kamu memiliki tafsiran lain tentang warna yang telah dibahas.

 

Selamat berkarya!

 

Source:

1 2 3 4 5 6

 

Picture Source:

1 2

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG