Mengungkap Fenomena Jumlah Perolehan Penonton Bioskop - IDS | International Design School

Mengungkap Fenomena Jumlah Perolehan Penonton Bioskop

thumbnail 16 april 2018

Saat ini banyak berbagai genre film yang sukses menghiasi layar lebar, mulai dari genre horor, komedi, drama, action, hingga science fiction. Sederetan film, baik Hollywood atau film Indonesia juga berhasil meraih perolehan penonton yang cukup fantastis.

Berdasarkan data yang diambil dari http://filmindonesia.or.id tercatat tahun 2018  film Dilan: 1990 sukses mendapatkan perolehan penonton sebanyak  6.315.096 penonton dan membawanya menjadi film terlaris kedua sepanjang tahun 2017-2018.

Kedua hal tersebut membuktikan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia terhadap perfilmman Indonesia masih tinggi. Hal itu juga disampaikan oleh  Pandu Birantoro selaku Asistant Director serial TV Smallville, “Antusiasme masyarakat Indonesia saat ini sedang bagus dan positif karena  film Indonesia sudah semakin baik dan terarah,” ujarnya. Ia juga menjelaskan mengapa film Warkop DKI Reborn Part 1 bisa mendapatkan jumlah penonton yang fantastis, yaitu sebesar 6.858.616.

“Menurut saya kenapa film Warkop bisa mendapat sambutan yang begitu besar dari masyarakat karena lingkar ketiga (lingkar luarnya) pun berbondong-bondong datang ke bioskop karena rasa penasaran yang sangat besar terhadap film legendaris era 80an yang kemudian dihadirkan kembali dalam bentuk lebih fresh dan baru,” jelas Pandu yang juga menjabat sebagai Program Head of Digital Film and Media Production di International Design School (IDS)

Ia juga mengelompokkan ada 3 jenis penonton Indonesia, yaitu lingkar pertama ialah penonton yang setiap minggu selalu nonton bioskop untuk menonton film Indonesia. Lingkar kedua, yaitu penonton film dari segala genre, Hollywood dan Indonesia. Terakhir lingkar ketiga, yaitu penonton yang jarang nonton film tapi mereka penasaran sama film tersebut.

“Contohnya ibu ibu pengajian yang penasaran mau nonton ‘Ayat Ayat Cinta 2’ mereka kan nggak mungkin nonton film sejenis ‘Justice League’. Nah, sama juga dengan fenomena film ‘Warkop DKI Reborn Part 1 kemarin,” tutupnya.  

 

Source picture:

2

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG