Metode Menjalankan Aktivitas Digital Marketing dengan Bantuan VR dan AR - IDS | International Design School

Metode Menjalankan Aktivitas Digital Marketing dengan Bantuan VR dan AR

htc-vive-box-set-hero-2-3-1500×1000

 

Kemunculan dari Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) memberikan alternatif bagi pelaku bisnis untuk mengeksekusi campaign digital marketing mereka dengan tingkat kesuksesan yang tinggi. Penetrasi pasar yang berbasis virtual memberikan kebebasan untuk berkreasi dalam usaha membangun hubungan emosional yang kuat antara konsumen dan produsen.

Sensasi pengalaman yang dirasakan konsumen setelah menggunakan perangkat VR dan AR akan menambah kepuasan pelanggan mengenai sebuah produk, terlepas dari brand value yang telah tertanam di benak masyarakat setelah proses pemasaran. Hal itu memberikan memberikan kenikmatan dari sisi psikologis dan emosional bagi pelanggan, sesuatu yang lebih sulit dipenuhi dengan metode pemasaran tradisional.

Kali ini, IDS | International  Design School akan memberikan beberapa tips inovatif untuk para pelaku digital marketing demi menggaet perhatian konsumen. Berikut ulasannya!

 

360 Degree Video

360 Degree Video bisa dibilang adalah representasi paling terkenal dari dunia VR. Tentu saja predikat itu memiliki alasan yang kuat; metode ini memberikan pemandangan dengan kualitas terbaik bagi penggunanya.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membeli sebuah baju, dengan bantuan VR dan AR kamu bisa melihat seperti apa ia akan terlihat saat dikenakan, bahan yang digunakan dan berbagai pertimbangan lainnya sebelum membeli dimanapun kamu berada. Selain itu, teknologi ini juga digunakan oleh real estate, tempat rekreasi dan restoran untuk memberikan gambaran mengenai panorama yang ditawarkan.

 

519893707

 

Games

Popularitas VR dan AR yang semakin meroket membuat revolusi besar-besaran di dunia game. Pemain sekarang bisa merasakan sensasi permainan yang lebih intens, nyata dan realistis karena keberadaan VR dan AR.

Salah satu contoh nyata dari meledaknya popularitas VR dan AR adalah Pokemon Go yang dirilis pada beberapa tahun silam. Demam Pokemon Go menjangkiti umat manusia dari seluruh belahan dunia yang rela berjalan-jalan atau bahkan pergi dengan transportasi pribadi ataupun umum demi mendapatkan karakter yang langka atau hanya sekedar disukai.

Fenomena tersebut bisa diaplikasikan oleh pelaku bisnis dengan memberikan imbalan kepada pemain dengan memberikan imbalan yang hanya bisa diraih jika ia menemukan sebuah item yang terletak di sebuah tempat.

 

Aplikasi

Perkembangan teknologi membuat kebutuhan masyarakat akan sebuah destinasi digital yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Fenomena tersebut membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan software yang bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari dari banyak orang.

Contoh yang sedang naik daun adalah aplikasi relaksasi dimana pengguna bisa melihat pemandangan asri seperti pantai, pegunungan dan sawah ditambah dengan musik yang bisa membantu untuk menenangkan pikiran.

Aplikasi VR dan AR juga digunakan oleh industri otomotif, kuliner, fotografi dan pendidikan. Tidak heran jika semakin banyak aplikasi atau software yang bermunculan dari industri yang beragam.

 

Demikian ulasan mengenai inovasi digital marketing yang menggunakan VR dan AR sebagai alat pembantu. Apa kamu memiliki aplikasi atau website VR/AR favorit? Silakan tinggalkan komentar dibawah!

Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai digital marketing, yuk belajar di IDS | International  Design School dalam program creative course!  Daftarkan dirimu sekarang!

 

Source: 

1 2 3 4

Photo Source:

1 2 3

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. ปั้มไลค์ - August 5, 2019 - 9:01 am #

    Like!! Thank you for publishing this awesome article.