Ilman Akbar, Penulis "101 Young CEO", Buku Inspirasi Bagi Para Pengusaha Muda - IDS | International Design School

Ilman Akbar, Penulis “101 Young CEO”, Buku Inspirasi Bagi Para Pengusaha Muda

Ilman Akbar, pemuda berusia 25 tahun ini, meluncurkan buku pertamanya, “101 Young CEO: Menggali Rahasia Sukses 101 Pebisnis Muda Indonesia Di Bawah Umur 30 Tahun” di awal bulan Agustus. Buku ini merupakan cerminan passion dan semangat Muhammad Ilman Akbar, yang biasa disapa Ilman selama ini. Semangatnya sejak dulu untuk mengajak orang menjadi pengusaha, dipadukan dengan kegemarannya menulis, menghasilkan sebuah buku yang sayang jika dilewatkan oleh anak-anak muda Indonesia.

Ilman memang punya semangat tinggi untuk ber-wira usaha. Saat kuliah semester dua, ia bersama beberapa teman kuliahnya mendirikan sebuah usaha web consultant & development. Usaha tersebut ia jalankan secara full-time selepas lulus kuliah. Hasilnya, web hosting provider yang mereka kelola berhasil diakuisisi oleh perusahaan web hosting lain yang jauh lebih besar pada 2009.

Ilman juga mendirikan anakUI.com di tahun 2007. anakUI.com adalah situs komunitas unofficial bagi mahasiswa/alumni Universitas Indonesia yang menjembatani mereka untuk berbagi informasi. anakUI.com kemudian berkembang pesat, official twitter anakUI.com yaitu @anakuidotcom memiliki follower yang kali ini hampir mencapai 29 ribu. Dari segi bisnis, anakUI.com menawarkan layanan twit berbayar dan advertorial kepada perusahaan-perusahaan, serta menjual merchandise UI kepada mahasiswa-mahasiswanya.

Kegemarannya nge-blog sejak tahun 2006 mengantarkannya ke beberapa penghargaan, antara lain Blog Sehat of The Week 2009 dari ICT Watch Blog Sehat Award, Finalist Best Weblog Bahasa Indonesia dari The Deutsche-Welle International Blog Award 2010, serta Finalis Microsoft Bloggership tahun 2011. Tahun 2010-2011 Ilman pernah menjadi freelance writer di Detik.com. Ia juga pernah menjadi Indonesian contributor bagi TechInAsia.com, sebuah blog teknologi yang membahas perkembangan teknologi di Asia.

Kembali ke dunia kewirausahaan, Ilman aktif di komunitas pengusaha startup bidang digital/Internet, bernama #StartupLokal Community. Di sana, ia belajar banyak hal dari berbagai pengusaha senior di bidang Internet. Ia juga pernah mengikuti kompetisi “3 hari membuat bisnis” bernama Telkomsel Startup Bootcamp di mana timnya meraih posisi Top Five dari belasan kelompok lain.

“Mengikuti aktivitas komunitas itu penting bagi para entrepreneur, karena networking adalah modal paling berharga bagi entrepreneur. Mentor, ilmu, partner, hingga proyek bisa didapatkan dari acara-acara komunitas,” jelasnya.

Disela-sela kesibukkannya bekerja di IDS | International Design School, saat ini Ilman melanjutkan studi S2-nya di bidang Bisnis Kreatif S2 Creative & Media Enterprise Institut Kesenian Jakarta. Entrepreneurship atau kewirausahaan pun menjadi dunia yang ia yakini akan memberikan manfaat besar bagi Indonesia. Melalui buku “101 Young CEO”, Ilman berharap buku ini dapat memotivasi anak-anak muda di mana pun untuk bergerak memulai bisnis sendiri dan memasuki dunia wira usaha di Indonesia sedini mungkin.

Buku 101 Young CEO

Buku 101 Young CEO

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG