Optimalkan WFH, Bikin Konten Kreatif di Rumah Untuk Strategi Digital Marketing - IDS | International Design School

Optimalkan WFH, Bikin Konten Kreatif di Rumah Untuk Strategi Digital Marketing

Optimalkan WFH, Bikin Konten Kreatif di Rumah Untuk Strategi Digital Marketing

Membawa bisnis ke ranah online menjadi jawaban jika mencari audiens yang lebih luas dan fleksibilitas yang tinggi. Dengan cara online, kamu bisa jalankan bisnismu dari mana saja, cukup butuh handphone atau laptop dan juga koneksi. Fleksibilitas ini yang cocok dan relevan dengan kondisi sekarang dengan himbauan agar bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan belajar di rumah, pasca penerapan situasi darurat virus corona di Indonesia. Karena dari rumah pun, kamu bisa tetap jalankan bisnis kamu.

Untuk membangun brand di media online, kamu butuh strategi agar mendapatkan kepercayaan pengguna media online. Salah satu yang krusial dari strategi ini adalah membuat konten yang mampu menarik perhatian tetapi masih bisa menyampaikan pesan yang diinginkan. Jadi konten yang diposting tak sekadar menghibur, tetapi juga ada tujuan promosi yang terselip untuk menaikkan brand awareness atau kesadaran merek usaha kamu.

Demi menaikkan kesadaran brand, kamu diharuskan membuat konten yang bisa mempengaruhi orang untuk membeli barang. Strategi ini disebut dengan soft selling yang bisa kamu kerjakan sendiri di rumah dengan bantuan laptop dan koneksi internet. Nah jika sudah siap di depan laptop, berikut ini ada 5 referensi jenis konten yang bisa jadi inspirasi untuk strategi digital marketing usaha online kamu.

  1. Blogging

Blog salah satu platform dengan sejuta manfaat untuk banyak sektor. Tak hanya bisa memberikan informasi, blog juga bagus untuk membangun kesadaran merek. Lewat tulisan, kamu bisa memberikan informasi terselip tentang usaha yang kamu jalankan, sehingga cepat atau lambat kesadaran merek mulai terbangun di pembaca setia. Kamu bisa bikin konten untuk blog dari rumah, bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah yang lain atau bersantai di depan televisi.

  1. Infografis

Infografis adalah konten dengan perpaduan gambar serta teks yang disajikan dengan lebih estetik lewat kreativitas grafis dan desain. Disajikan dengan lebih menarik, ringkas dan informatif menjadikan konten infografis seringkali lebih efektif untuk mencuri perhatian publik dan juga lebih shareable, atau lebih mudah disebarkan kepada yang lain.

Jika banyak yang suka dengan infografis yang kamu buat, tak menutup kemungkinan mereka juga akan mencari tahu tentang bisnis yang kamu jalankan. Tentunya jangan lupa untuk menaruh elemen identitas visual usaha kamu di desain infografis tadi. Dan sama halnya dengan blogging, mendesain infografis juga bisa kamu lakukan di rumah sembari mengerjakan hal yang lain.

  1. Video

Rendahnya budaya membaca masyarakat Indonesia menjadikan video adalah konten hal yang juga diminati. Video juga bisa memberikan pesan secara gamblang daripada jenis konten teks dan gambar. Membuat video juga semakin mudah seiring dengan kecanggihan teknologi. Tak harus menggunakan kamera profesional, kamu juga bisa merekam dan mengedit video dengan menggunakan smartphone kamu. Ini artinya, kamu juga bisa membuat konten video di rumah.

  1. Podcast

Lebih mudahnya, podcast bisa dikatakan sebagai radio online. Kamu bisa memberikan edukasi seputar barang/jasa yang kamu tawarkan melalui suara. Caranya pun relatif mudah, kamu bisa rekam suara kamu saat menjelaskan kegunaan barang/jasa lalu bisa upload ke media audio seperti spotify. Kamu juga bisa membahas hal yang lagi tren atau juga kolabs dengan narasumber atau konten kreator lainnya.

  1. Webinar

Webinar juga bisa jadi strategi yang cukup efektif. Intinya di sini adalah presentasi online. Karena online, kamu bisa lakukan ini saat berada di rumah. Namun untuk strategi yang satu ini bisa lebih efektif jika usaha kamu sudah punya pelanggan setia. 

Nah kamu bisa juga saksikan webinar IDS selama WFH atau belajar di rumah, untuk waktunya kamu bisa lihat di website IDS| International Design School atau instagram @idseducation.com

Terbuktikan jika bekerja atau belajar di rumah bukan berarti tak bisa produktif. Kamu tetap bisa menjalankan bisnis dari rumah dan tetap mendapatkan hasil yang maksimal dengan strategi promosi yang efisien. Maksimalkan juga kreativitas dalam diri kamu, mulai berpikir sesuatu yang beda untuk menciptakan konten yang lebih baru dan lebih fresh! Selamat mencoba.

Sumber: 1 2 3

Posted in: Articles