Oscar Herry, Alumni IDS yang Membawa Piala FFI 2013 | IDS

Oscar Herry, Alumni IDS yang Membawa Piala FFI 2013

Sharing is caring!

Sudah tahu kan film Indonesia yang berjudul “Moga Bunda Disayang Allah”? Nah, kabar bagus datang dari salah satu alumni IDS | International Design School, Oscar Herry. Ia dan timnya, Eltra Studio memenangkan Penata Visual Effect Terbaik di ajang FFI 2013. Berikut hasil wawancara eksklusif IDS dengan Oscar:

IDS: Sore Oscar, maaf mengganggu waktunya, cerita dong gimana kesannya pas tim Eltra menang sebagai Penata Visual Effect Terbaik di FFI 2013?

OH: Hahaha asik nih, awalnya sih deg-degan, nominasi Penata Visual Effect Terbaik itu tahun ini baru pertama kali ada, jadi lumayan terkejut karena baru pertama kali bisa pergi ke acara yang besar, acara yang ramai seperti FFI 2013. Pas dibacain kalau Eltra menang langsung hilang semua susunan kata yang dari awal sudah disiapkan buat speech, jadi berantakan gitu. Kaget banget soalnya baru pertama kali bicara di depan ratusan orang, mungkin ribuan yah dan bukan sama sembarangan orang tapi artis-artis, sutradara-sutradara dan orang-orang hebat di dunia perfilman semua.

IDS: Wow speechless banget deh pasti pada saat itu, super deg-degan campur senang hahaha, lalu pada saat nominasi saingan dari film-film ada siapa aja?

OH: Saingannya sih ada dari film trio macan sama waduh bener-bener gak perhatiin banget siapa aja saingannya.. Selain pada saat itu nervous, kita juga dapat email dari FFI lumayan dadakan dan saat ini masih dalam project film bioskop terbaru yang special effectnya gak kalah keren, jadi masih sibuk, gak sempat nge-review film-film saingannya apa aja hehehe.. tapi memang dari awal kita sudah yakin menang hahahaha pede banget tapi karena memang tim kami disini kompak banget dan gila-gilaan kerjanya.

IDS: Boleh dong dibocorin film apa yang lagi dikerjain, ceritain juga tim Eltra kalau kerja selain kompak dan gila-gilaan kerjanya apalagi? Dan sudah nanganin film apa aja?

OH: Project kita sekarang “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” yang akan tayang tanggal 19 Desember 2013, nonton ya hahaha. Di tim kita apa yang dikerjain masih classified yang pasti ini project terbesar kami. Dikerjakan dalam tempo sesingkat-singkatnya, gila deh pokoknya.

Kalau film kita sudah banyak megang, apalagi iklan mungkin sudah ratusan iklan-iklan dari Indonesia, Arab, Hongkong, Malaysia dan Thailand. Kalau disebutin satu-satu bakal panjang. Tim Eltra pokoknya kompak dan gila-gila semua orangnya kalau lagi kerja.

IDS: Terakhir nih pesan dan kesannya selama belajar di IDS gimana? dan pesan untuk para calon siswa-siswa IDS di luar sana?

OH: Wah.. waktu belajar di IDS memang sudah di hajar mati-matian sama dosennya, memang sudah cocok banget sama dunia kerjanya. Jadi waktu masih di IDS begadang itu pasti sering, gak tidur 3-4 hari sudah normal dan rame-rame gak mandi ke kampus juga sudah biasa. Hahaha.. Sekalinya masuk dunia kerja jadi gak kaget lagi, dari IDS mental sudah disiapin untuk dunia kerja.

Pesan untuk calon-calon siswa dan siswa di IDS ya belajar yang banyak, jangan cepat nyerah, terus cari source reference dari internet, liat-liat video reference di Vimeo dan lain-lain. Cari juga tutorial, semakin banyak belajar semakin bagus yang penting itu mentalnya harus kuat kalau jadi animator. Kalu bisa lebih kuat dari tentara-tentara mentalnya. Selama kita masih kerja di ruang lingkup 3D dan editing jangan pernah bilang sama klien gak bisa, karena semua itu bisa walaupun akan memakan waktu sedikit lama.

Kalau boleh nge-qoute nih dari bos saya;

“Sesusah-susahnya kerjaan itu, sesingkat-singkatnya waktu, semua kerjaan pasti kelar..” – Arnas (my very cool and lovely boss)

dan 1 qoute lagi dari dosen IDS yang paling saya ingat sampai sekarang;

“Untuk animator ya, welcome to the hell!!” -Rully Rochadi (dosen paling keren di IDS)

IDS: Jadi kalau mau jadi animator harus totalitas ya.. hahaha.. Ok deh. Makasih banyak ya Oscar sudah meluangkan waktunya untuk diwawancara, karena IDS bangga nih punya alumni sukses di kariernya sampai menang di FFI 2013. Kita semua doakan Oscar dan tim Eltranya sukses terus, makin banyak film-film yang ditanganin dan bisa go internasional sampai Hollywood.

OH: Iya dong harus poll kalau jadi animator. Hahaha.. Iya sama-sama, terima kasih atas dukungannya. See you..

Gimana, keren banget kan Oscar ini? Dan memang jadi animator itu harus totalitas, buktinya pengalaman Oscar yang jatuh bangun di dunia animasi membawanya kepada penghargaan FFI 2013 dan sudah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan di luar negeri.

Kamu ingin seperti Oscar? Bisa dong.. Kamu bisa belajar menjadi animator professional di Sekolah Animasi IDS dan kamu juga bisa menjadi Sarjana Animasi sampai kuliah di Australia melalui Program International Pathway. Kalau kamu lagi liburan, kamu juga bisa ikut Holiday Program dan Kursus Animasi.

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG