Pahami 5 Komponen dalam 3D Modelling - IDS | International Design School

Pahami 5 Komponen dalam 3D Modelling

3D_mesh_components

3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D  yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup).

3D Modelling memiliki beberapa komponen yang perlu kalian tahu dan pahami. Selain itu, ada juga teknik-teknik yang biasa digunakan. Apa saja? Berikut selengkapnya!

Komponen 3D Modelling

 

720px-Mesh_overview.svg

Berikut ada 5 macam komponen dalam 3D Modelling yang perlu kamu tahu sebelum membuatnya.

1. Vertex

Vertex merupakan titik sudut dalam membuat objek 3D. Gabungan vertex dapat membentuk edge. Oleh karena itu, vertex disebut juga sebagai komponen dasar.

 

2. Edge

Edge merupakan gabungan dari vertex yang dapat membentuk sebuah polygon tertutup. Untuk membentuk sebuah objek dapat dilakukan modifikasi garis edge tersebut.

 

3. Face

Gabungan face membentuk sebuah polygon. Face terbentuk dari gabungan vertex dan edge. Face juga merupakan elemen-elemen kecil berbentuk bidang segitiga.

 

4. Polygon

Polygon terbentuk dari gabungan vertex, edge, dan face. Polygon dapat berbentuk segitiga, segilima, segiempat, dan lain-lain. Polygon disebut juga sebagai bidang tertinggi dan bidang persegi banyak pada permukaan objek  yang dibatasi oleh beberapa edge.

 

5. Element

Kelompok polygon yang saling terhubung.

 

Nah, itu dia beberapa macam komponen yang ada dalam pembuatan 3D Modelling. Buat kalian yang masih bingung dan mau belajar lebih lanjut seputar 3D Modelling dan animasi lainnya.

Yuk! belajar di IDS. IDS menyediakan kuliah singkat selama 20 bulan langsung dengan para praktisi profesional bidangnya. Selengkapnya cek di sini.

 

Source:

1 2 3

 

Source pictures:

1

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG