Pahami Berbagai Prinsip dalam Desain Minimalis - IDS | International Design School

Pahami Berbagai Prinsip dalam Desain Minimalis

Desain minimalis adalah salah satu tren desain yang tidak terlalu banyak meletakkan berbagai ornamen dan warna. Biasanya, hanya menyisakan elemen-elemen pentingnya saja. Tujuannya adalah untuk membuat konten menonjol dan menjadi titik fokus. Oleh karena itulah, desain minimalis memiliki beberapa prinsip yang harus kamu ketahui sebelum mulai mengaplikasikannya dalam desainmu. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

1. Less is More

 

1
Ungkapan “Less is More” menjadi salah satu prinsip utama dalam desain minimalis. Mengapa? Karena seperti yang dijelaskan di atas bahwa desain ini hanya menyisakan beberapa elemen penting. Jika terlalu memiliki banyak elemen, maka yang melihat akan bingung dan salah menafsirkan prioritas setiap elemennya. Contohnya ada pada desain berikut ini.

Setiap warna pada desain hitam-putih akan mendapatkan perhatian lebih dan menjadi titik fokus. Elemen grafis membawa warna, tekstur, dan bentuk. Hal ini jelas merupakan elemen paling penting dalam desain ini dan itu mendefinisikan merek dan identitas desainer.

Dengan kompleksitas elemen grafisnya. Jika desain ini kontennya terlalu banyak tentu membuatnya kurang terlihat dan kurang penting. Oleh karena itu, keberadaan konten yang sedikit dapat mencapai keseimbangan yang sempurna.

 

2. White Space

2 (1)Prinsip penggunaan white space juga menjadi salah satu yang tidak boleh ditinggalkan dalam desain minimalis. White space diperlukan untuk menyeimbangkan beberapa elemen yang akan muncul.

 

 

3. Keseimbangan, Keselarasan, Kontras

3
Tiga yang paling terkait dengan minimalis adalah keseimbangan, keselarasan, dan kontras. Mengapa harus diperhatikan? Walaupun desainnya minimalis, tapi keseimbangan dan keselarasan tetap menjadi perhatian. Jangan sampai karena terlalu minimalis, justru orang malah bingung melihat desainmu.

 

 

4. Penggunaan Warna

4
Biasanya, desain minimalis cenderung menggunakan warna-warna netral, seperti hitam dan putih. Mengapa? Karena kedua warna tersebut membuat suatu desain terlihat lebih elegan. Kalaupun harus menggunakan warna lain, biasanya kombinasi warna-warna pastel dan tidak lebih dari dua warna.

 

5. Perhatikan Detail

5
Karena minimalis, tentunya detail terhadap desain dan elemennya juga harus diperhatikan dengan baik. Detail tiap peletakan warna, tipografi, gambar, dan sebagainya.

Bagaimana? Setelah membaca seputar desain minimalis di atas, apa kamu jadi tertarik mau coba membuat dan mengaplikasikan untuk desainmu? Buat kamu yang mau belajar desain, yuk belajar di IDS. IDS punya program kuliah singkat selama 20 bulan loh! Selengkapnya bisa kamu cek di sini.

 

Source:

1 2 3

 

Source:

1 2 3 4 5 6

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG