Pengertian Animasi dan Intip Sejarahnya Yuk! | IDS

Pengertian Animasi dan Intip Sejarahnya Yuk!

Selama ini kita sering menonton film-film animasi baik di layar lebar maupun televisi. Ingat-ingat saja film terbaru seperti Moana, The boss Baby, Zootopia, lalu dulu ada the Toy Story, Finding Nemo, dan lainnya. Tidak ketinggalan animasi-animasi di serial TV seperti Spongebob, Donald Duck, dan masih banyak lagi bentuk animasi yang tidak pernah lepas dari keseharian kita.

Nah tapi apa sih animasi itu?

Kata animasi berasal dari Bahasa inggris, animation, yang berasal dari kata dasar anime, yang berarti menghidupkan. Jadi secara mudahnya, animasi adalah suatu bentuk gerakan yang menghidupkan benda mati melalui sebuah tampilan (display). Caranya adalah dengan menampilkan beberapa seri gambar atau frame dalam hitungan waktu yang singkat.

Jika ditelisik dari sejarahnya, maka animasi awalnya dapat dilihat dari lukisan di dinding goa. Telah ditemukan gambar-gambar binatang yang dilukis dengan memiliki beberapa kaki yang ditumpuk, seperti memperlihatkan kalua binatang-binatang itu sedang bergerak. Mereka biasanya ingin menggambarkan pergerakan binatang seperti bison, celeng, ataupun kuda. Lebih lanjut lagi, orang Mesir kuno menggambar para pegulat yang sedang bergumul sebagai dekorasi dindingnya. Di Asia sendiri, Jepang memiliki lukisan kuno yang memperlihatkan alur cerita yang hidup. Caranya adalah dengan menggelar gulungan lukisan.

Memasuki abad 19, the thaumatrope (1824), the phenakistoscope (1832), zoetrope (1834) danĀ praxinoscope (1877) mulai diperkenalkan. Thaumatrope adalah mainan dengan lembaran cakram kartun tebal, bergambar, dan sisi kanan kirinya memiliki gambar berbeda. Sehingga jika dipilin dengan tangan, gambar tersebut akan terasa bergerak. Thaumatrope adalah gambar burung dalam sangkar.

Tahukah kamu flip book? Buku yang jika dibalik dengan cepat maka akan membuat gambar tersebut bergerak. Flip book pertama kali dipatenkan pada 1868 sebagai kineograph.

Melompat jauh dari abad 19, pada tahun 1995 Toy Story membuat computer animasi menjadi populer. Toy Story adalah film berdurasi yang berhasil dibuat dan ditayangkan menggunakan teknik komputer animasi. Setelahnya pada tahun 2000an, industry animasi semakin merajarela dengan pasar animasi yang diperkirakan memiliki nilai US$ 68,4 billion atau sekitar 900 triliun!

Begitulah pengertian animasi diikuti dengan perkembangannya sampai jaman sekarang. Terbukti animasi memnjadi bidang yang banyak diminati, terbukti dari banyaknya sekolah yang membuka kelas untuk pengajaran dalam hal animasi.

Sumber :

1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG